Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis 9 November 2017/MTVN/Nur Azizah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis 9 November 2017/MTVN/Nur Azizah

Anies Ucapkan Selamat ke KH Ma'ruf Amin

Nasional pilpres 2019
Nur Azizah • 09 Agustus 2018 19:50
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengucapkan selamat pada KH Ma'ruf Amin. Ma'aruf resmi menjadi pendamping Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019.
 
"Pokoknya kita ucapkan selamat. Sudah ada calonnya sekarang, ya kan," kata Anies di Museum Tekstil, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018.
 
Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ma'ruf Amin menjadi cawapres bagi Presiden Jokowi. Keputusan itu diambil Jokowi dan ketua umum (ketum) sembilan partai politik (parpol) pendukung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden 2019-2024 Profesor KH Ma'ruf Amin," kata Joko Widodo dalam deklarasi di Resto Plataran, Menteng, Jakarta, Kamis, 9 Agustus 2018.
 
Sebelumnya, posisi cawapres disebut mengarah ke mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD. Mahfud bahkan sudah dikontak pihak Istana Kepresidenan untuk menyiapkan diri.
 
Namun, rapat ketum parpol dan Jokowi memutuskan Ma'ruf sebagai cawapres. Para ketum pendukung Jokowi adalah Ketum NasDem Surya Paloh, Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan Ketum PPP M Romahurmuziy.
 
Baca:Jokowi-Ma'ruf Representasi Nasionalis dan Religius
 
Lalu Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketum PSI Grace Natalie, serta Ketum Golkar Airlangga Hartarto juga masuk koalisi Jokowi. Juga Ketum PKPI Diaz Hendropriyono dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar termasuk yang menyetujui Ma'ruf Amin.
 
Jokowi memastikan para petinggi partai sudah menandatangani surat dukungan. Selanjutnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat, 10 Agustus 2018.
 

 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif