Kalla Ajak Negara Asia Jaga Stabilitas Politik-Ekonomi

Dheri Agriesta 12 Juni 2018 17:28 WIB
jusuf kalla
Kalla Ajak Negara Asia Jaga Stabilitas Politik-Ekonomi
Wakil Presiden Jusuf Kalla--MI/Bary Fathahilah
Tokyo: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak seluruh pimpinan negara yang hadir dalam Konferensi Internasional ke-24 tentang Masa Depan Asia bekerja sama mewujudkan kesejahteraan. Salah satu cara dengan menjaga stabilitas politik dan ekonomi.

“Untuk mewujudkan visi ini, kita harus mendukung terciptanya stabilitas politik dan ekonomi dunia,” kata Kalla di Imperial Hotel, Tokyo, Jepang, Selasa, 12 Juni 2018.

Stabilitas politik dapat dicapai dengan merawat sistem keterbukaan negara. Kalla juga mengajak negara di Asia bekerja sama menangani masalah terorisme dan kemiskinan.


Baca: Wapres Kalla Sebut Proteksionisme Mulai Ancam Keterbukaan

Kalla menambahkan stabilitas ekonomi dapat dicapai dengan menaati perjanjian perdagangan yang telah disepakati. Salah satunya adalah perjanjian perdagangan bebas.

Namun, Kalla mengingatkan sistem perdagangan bebas yang dianut harus menggunakan prinsip perdagangan yang adil.

“Kita harus menghindari kebijakan “beggar-thy-neighbor” yaitu suatu negara mengambil keuntungan dari sebuah kebijakan perdagangan tertentu sementara negara lain dirugikan karena itu,” kata Kalla.

Di akhir pidatonya, Wakil Presiden mengingatkan pemimpin negara Asia tak patah arang menghadapi krisis ekonomi yang melanda dunia. Ia yakin, banyak peluang yang bisa dimanfaatkan menghadapi krisis ini.

“Kita juga harus terus menumbuhkan nilai-nilai bersama untuk mendukung terciptanya stabilitas dan kesejahteraan bersama,” pungkasnya. 




(YDH)