Presiden Joko Widodo meninjau kawasan industri Batang. DOK Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau kawasan industri Batang. DOK Youtube Sekretariat Presiden

Kawasan Industri Batang Bakal Dibangun Mei 2021

Nasional Pertumbuhan Ekonomi kawasan industri presiden joko widodo Kawasan Industri Batang
Nur Azizah • 21 April 2021 15:26
Jakarta: Kawasan industri Batang, Jawa Tengah, akan mulai dibangun Mei 2021. Wilayah itu akan menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.
 
"Siang hari ini saya mengecek kesiapan dari kawasan industri di Batang karena nanti di Mei akan ada peletakan batu pertama untuk industri kaca," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Batang, Jawa Tengah, Rabu, 21 April 2021.
 
Setelah itu, pemerintah akan membangun industri prekursor kadota, bahan untuk membuat baterai listrik. Industri ini akan dibangun Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari 4.300 hektare lahan, 450 hektare sudah siap untuk groundbreaking nanti. Tadi sudah saya perintahkan pada jajaran manajemen agar segera bisa dipakai, dibangun," ucap Jokowi.
 
(Baca: Sudah Ada 3 Perusahaan Besar Isi Kawasan Industri Terpadu Batang)
 
Kepala Negara berharap pembangunan industri di Batang dapat menyerap tenaga kerja sebanyak-banyaknya. Selain itu, arus modal akan masuk.
 
"Ada capital inflow ke negara kita yang ini akan bisa menggerakkan pertumbuhan ekonomi nasional kita," ujar dia.
 
Jokowi memastikan akan sering mengecek pembangunan kawasan industri Batang. Sebab, kawasan itu akan menjadi proyek percontohan bagi wilayah lain.
 
"Ini akan menjadi kawasan yang sangat besar sekali yang memiliki daya saing yang sangat baik. Inilah yang akan kita jadikan sebagai contoh untuk nanti kawasan-kawasan industri yang lain, yang berada di provinsi-provinsi baik di Jawa maupun di luar Jawa," kata Jokowi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif