Jemaah haji. Foto: MI/Dwi Apriani
Jemaah haji. Foto: MI/Dwi Apriani

Soal Haji, Indonesia Tunggu Keputusan Arab Saudi Hingga 1 Juni

Nasional Virus Korona ibadah haji
Nur Azizah • 19 Mei 2020 15:23
Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan Arab Saudi belum memberikan kepastian ihwal nasib ibadah haji di tengah pandemi virus korona (covid-19) kepada Indonesia. Arab Saudi diminta menentukan apakah ibadah haji dapat dilaksanakan atau tidak pada Senin, 1 Juni 2020.
 
Fachrul Razi menyebut pemerintah tak bisa menunggu lama-lama lantaran dikejar waktu untuk membuat persiapan. Dia kemudian memberi batas waktu Arab Saudi menentukan sikap hingga Rabu, 20 Mei 2020, tetapi kemudian ditunda atas permintaan Presiden Joko Widodo.
 
"Beliau menyarankan kalau (batas waktunya) mundur dulu sampai awal Juni siapa tahu ada perkembangan. Kami setuju, kami akan taat dengan itu," kata Fachrul di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Presiden telah menghubungi Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud. Berdasarkan jadwal, kontingen pertama berangkat ke Tanah Suci pada Juni 2020. Arab Saudi diharap memberikan kepastian agar Indonesia siap dengan berbagai skenario.
 
Wakil Panglima TNI ke-7 itu menerangkan informasi mengenai kepastian penyelenggaran ibadah haji amat penting. Pasalnya, keputusan ini berkaitan dengan persiapan kebijakan dan aturan penyelenggaraan dari pemerintah.
 
Baca: Kemenag Diminta Cermat Memutuskan Nasib Haji
 
Hingga kini, persiapan penyelenggaran ibadah Haji 1441 Hijriah dari Kementerian Agama (Kemenag) tak terhenti. Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) tahap II masih dibuka dan berakhir pada 20 Mei, besok.
 
Persiapan layanan di Saudi juga sudah dilakukan Kemenag. Namun, kontrak belum diteken karena terkendala Surat Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Nomor 410711030 tertanggal 11 Rajab 1441H (6 Maret 2020) yang meminta penyelesaian kewajiban ditunda hingga jelasnya masalah covid-19.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif