Presiden Joko Widodo. Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Medcom.id

Presiden Tak Paksa Pemda Terapkan PSBB

Nasional Virus Korona PSBB
Nur Azizah • 12 Mei 2020 13:31
Jakarta: Presiden Joko Widodo tak memaksa seluruh wilayah harus menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Jokowi memberi keleluasaan pada pemerintah daerah menerapkan metode yang dianggap terbaik untuk wilayahnya.
 
"Bapak Presiden menegaksan pemerintah pusat tidak memaksakan PSBB pada daerah-daerah. Daerah-daerah boleh memilih pendekatan yang sesuai dengan kondisi masing-masing," kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Doni menuturkan daerah juga diperbolehkan melakukan pendekatan secara adat. Terpenting, seluruh warga patuh terhadap protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca: Sejumlah Gubernur Minta Penambahan Fasilitas Penanganan Covid-19)
 
"Jadi, walaupun tidak ada pemaksaan kepada daerah, tetapi juga daerah diharapkan secara optimal bisa meningkatkan kemampuan daerah dalam rangka juga kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan," ujar dia.
 
Kepala BNPB itu menyebut Jokowi mengapresiasi kinerja para kepala daerah yang berhasil menekan laju pertumbuhan pasien covid-19. Baik daerah yang menerapkan PSBB atau tidak.
 
"Termasuk meningkatkan pasien menjadi sembuh dan mengurangi angka kematian," kata Doni.
 
Doni menegaskan daerah yang menerapkan PSBB maupun yang tidak harus patuh terhadap protokol kesehatan. Yakni, jaga jarak, memakai masker, cuci tangan, dan menerapkan adab saat bersin maupun batuk.
 
Presiden Tak Paksa Pemda Terapkan PSBB
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif