Pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan membatasi kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Izin Aktivitas Warga 45 Tahun ke Bawah Perlu Diawasi

Nasional Virus Korona virus corona
Candra Yuri Nuralam • 12 Mei 2020 10:13
Jakarta: Pemberian izin aktivitas di tengah wabah virus korona (covid-19) untuk warga usia 45 tahun ke bawah butuh pengawasan ketat. Izin aktivitas hanya boleh diberikan jika warga mematuhi protokol kesehatan.
 
"Catatan penting yang harus dilakukan secara ketat dan disiplin adalah memastikan kepatuhan kelompok pekerja kategori sesuai protokol kesehatan yang berlaku," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena di Jakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Melki mendorong aparat keamanan dilibatkan untuk mengawasi. Jangan sampai, kata dia, kelonggaran itu digunakan masyarakat untuk sekadar berkumpul untuk kongko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga pengendalian covid-19 tetap terkendali," ujar Melki.
 
Baca: Covid-19 Merenggut Paling Banyak Orang Berusia di Atas 45 Tahun
 
Pemerintah pun diminta gencar mengingatkan masyarakat untuk memanfaatkan izin untuk aktivitas produktif. Perpaduan kepatuhan dan kesadaran masyarakat diyakininya dapat berdampak positif ke aspek ekonomi, kesehatan, dan sosial.
 
Dia memahami alasan pemerintah memperbolehkan kelompok produktif beraktivitas lebih. Langkah pemerintah dinilai tepat demi menghindari lonjakan pemutusan hubungan kerja (PHK) yang akan merugikan banyak masyarakat.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif