Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Foto: Medcom/Cindy
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Foto: Medcom/Cindy

Pemerintah Diminta Serius Mengevakuasi WNI di Wuhan

Nasional virus korona
Kautsar Widya Prabowo • 29 Januari 2020 17:55
Jakarta: Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah Indonesia serius mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) di Wuhan, Tiongkok. Pemerintah diminta bergerak cepat mengambil tindakan evakuasi seperti negara lain.
 
"Menurut saya Indonesia tidak serius untuk melakukan tindakan maksimal melindungi seluruh warga bangsa Indonesia," kata Hidayat di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.
 
Menurut Hidayat, Indonesia seharusnya bisa lebih mudah dalam proses perizinan evakuasi. Sebab, Indonesia kerap diklaim sebagai mitra bisnis Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya dengar belakangan setelah dikritik sana sini, pemerintah Indonesia membuka opsi evakuasi, bahkan katanya sudah ada rakor (Rapat Koordinasi) dan pihak Angkatan Udara menyiapkan dua pesawat bila diizinkan evakuasi," tuturnya.
 
Informasi yang diterima Hidayat, pemerintah Indonesia sudah menyiapkan rumah sakit guna menampung pasien terpapar virus korona. Artinya, kata dia, pemerintah sudah siap mengevakuasi WNI di Wuhan.
 
"Tidak ada alasan, segera mengevakuasi, opini yang dikembangkan seolah-olah Wuhan itu tertutup tidak bisa dilakukan apa pun, karena ternyata tidak benar," ujarnya.
 
Virus korona (nCoV) pertama kali ditemukan di kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok. Virus itu kini telah menyebar ke lebih dari 10 wilayah dan negara, termasuk Amerika Serikat, Prancis, dan Australia.
 
Berdasarkan data terbaru Pemerintah Tiongkok, virus korona telah menjangkiti hampir 6.000 orang dan menewaskan 132 jiwa. Kota Wuhan yang menjadi wilayah dimulainya epidemik tersebut, hingga saat ini masih ditutup rapat pemerintah setempat.
 

 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif