Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidatonya di depan para kader di Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: MI/Susanto.
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyampaikan pidatonya di depan para kader di Kendari, Sulawesi Tenggara. Foto: MI/Susanto.

Surya Paloh: Jangan Terjebak Dikotomi Menteri

Nasional kabinet jokowi
Whisnu Mardiansyah • 16 Agustus 2019 14:43
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyambut positif komposisi kabinet menteri 45 persen dari partai dan 55 persen profesional oleh Presiden Joko Widodo. Dia pun meminta publik nantinya tak membeda-bedakan menteri.
 
"Jangan kita terjebak dalam dikotomi hal-hal yang memisahkan antara partai politik dan profesional. Apa urusannya itu. Partai politik ya partai politik. Di dalamnya ada sebagian besar kelompok profesional," kata Surya usai Sidang Bersama DPR/DPD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut dia, kalangan profesional bisa berasal dari berbagai kalangan. Akademisi, pengusaha, tokoh agama, bahkan yang berlatar partai politik juga masuk dalam kategori ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bayangkan saya ini ketum parpol (partai politik) kira-kira profesional enggak. Sedih sekali kalau saya tidak disebut profesional itu kira-kira," tegas Surya.
 
Publik, jelas dia, harus terbiasa dengan pikirkan terbuka. Pilihan komposisi kabinet diutamakan yang terbaik tanpa melihat embel-embel dia dari kalangan parpol maupun nonparpol.
 
Baca: Kemendag Bersedia Digabung dengan Kemenlu
 
"Konsistensi kita adalah memberikan keleluasaan penuh. Kebijakan apa pun dalam posisi sebagai presiden, kepala negara, dan kepala pemerintahan apa yang kita katakan dengan hak prerogatif presiden," kata Surya.
 
Saat disinggung, siapa sosok yang disetorkan ke Jokowo, ia masih enggan terburu-buru. Ia masih menunggu permintaan Jokowi sosok menteri yang dibutuhkan kabinet lima tahun mendatang.
 
"Belum ada, NasDem paling belakang belakang saja kalau dia minta baru nanti ada. Sejujurnya kalau kita minta untuk apa," ujar Surya.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif