Ilustrasi pemilu/Medcom.id.
Ilustrasi pemilu/Medcom.id.

Efisiensi Anggaran Pemilu, Begini Langkah KPU

Nasional kpu pemilu Pilpres Kepala Daerah Pemilu 2024 Pilpres 2024
Kautsar Widya Prabowo • 27 April 2022 09:25
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berupaya mengefisiensi anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Salah satunya, berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memfasilitasi saran dan prasaran (sarpras) KPU daerah.
 
"Ada beberapa kantor KPU daerah yang butuh perawatan harus tetap dianggarkan. Enggak mungkin akan dinolkan. Prinsipnya kita bisa efisiensi," ujar anggota KPU Yulianto Sudrajat di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa, 26 April 2022.
 
Yulianto menyebut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal menginstruksikan pemerintah daerah (pemda) mendukung kegiatan KPU. Langkah ini kata Yulianto, sebagai salah satu upaya menekan anggaran Pemilu 2024 yang diperkirakan mencapai Rp76,6 triliun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPU telah mengajukan besaran anggaran tersebut ke Komisi II dan pemerintah. Namun, mereka ingin penyelenggara dapat mengurangi anggaran.
 
Baca: 3 Peraturan KPU Sudah Lalui Uji Publik
 
"Kita hitung tapi kita cermat ya dari Rp76,6 triliun ini mudah-mudahan segera ketemu angka besaran yang kita ajukan lagi kepada DPR," kata dia.
 
Pemerintah meminta penyelenggara menghitung secara matang kebutuhan anggaran Pemilu 2024. Uang untuk menyelenggarakan pesta demokrasi mesti seefisien mungkin.
 
"Efisiensi ini sangat penting, artinya dengan sumber daya angggaran seminimal mungkin bisa mencapai target, yaitu pemilu yang lancar dan aman. Jadi tolong dihitung betul," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 April 2022.
 
Dia menyampaikan permintaan anggaran seminimal mungkin merupakan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Negara meminta biaya penyelenggaraan Pemilu 2024 dikalkulasi sebaik mungkin.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif