Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi: Pemerintah Sudah Banyak Persiapan Hadapi Lonjakan Omicron

Nasional Jokowi Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 Omicron Varian Omicron
Dhika Kusuma Winata • 28 Januari 2022 18:55
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kasus covid-19 akan mengalami lonjakan lantaran menyebarnya varian Omicron. Presiden memastikan pemerintah sudah menyiapkan berbagai hal untuk menghadapi lonjakan kasus.
 
"Belajar dari lonjakan kasus varian Omicron yang sudah terjadi terlebih dahulu di berbagai negara, pemerintah sudah melakukan banyak persiapan untuk menghadapinya," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat, 28 Januari 2022.
 
Jokowi menyebutkan perbaikan berbagai sarana dan prasarana fasilitas kesehatan sudah disesuaikan dengan karakter varian Omicron yang berbeda dengan sebelumnya. Kasus Omicron membutuhkan penanganan yang berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyampaikan tak semua kasus Omicron membutuhkan layanan langsung karena gejalanya tidak membahayakan. Yang paling penting, lanjut dia, masyarakat meminimalkan kontak untuk mencegah penyebaran yang lebih luas.
 
Baca: Waspada! Peningkatan Kasus Covid-19 Akan Terjadi dalam Beberapa Minggu
 
Ketika hasil tes polymerase chain reaction (PCR) positif tanpa ada gejala, Jokowi menganjurkan warga isolasi mandiri di rumah selama lima hari. Bila ada gejala batuk, pilek, atau demam, masyarakat bisa menggunakan layanan telemedicine atau ke puskesmas dan dokter terdekat. Beban fasilitas kesehatan diharapkan bisa berkurang dengan penanganan tersebut.
 
"Ini penting agar fasilitas kesehatan kita dapat lebih fokus menangani pasien dengan gejala berat maupun pasien-pasien penyakit lain yang membutuhkan layanan intensif," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif