Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Hari Ini, MKD Bahas Nasib Laporan Terhadap Azis Syamsuddin

Nasional KPK polri kasus pemerasan Kasus Suap kasus korupsi Pemberantasan Korupsi DPR RI
Fachri Audhia Hafiez • 18 Mei 2021 03:18
Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menggelar rapat pleno terkait laporan terhadap Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Selasa, 18 Mei 2021. MKD menerima lima laporan terkait dugaan keterkaitan Azis dengan kasus suap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
"Rapat pleno antara pimpinan dan seluruh anggota MKD yang berjumlah 17 orang," ujar Ketua MKD DPR, Aboe Bakar Alhabsyi, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 17 Mei 2021.
 
Menurut dia, rapat tersebut bukan untuk memanggil Azis. Pertemuan itu akan membahas langkah yang mesti disikapi MKD atas masalah politikus Partai Golkar itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Penonaktifan 75 Pegawai KPK Demi Mencegah Implikasi Hukum
 
Sejauh ini, kata Aboe, MKD telah menjalankan tata beracara dalam menerima sejumlah laporan. Penegakan hukum di KPK dipastikan tetap berjalan seperti biasa.
 
"Kita enggak ikut campur apa yang terjadi," ucap Aboe.
 
Terdapat lima laporan yang disampaikan sejumlah pihak ke MKD. Namun, Aboe tak menerangkan pihak mana saja yang sudah diterima laporannya.
 
MKD dipastikan tetap memproses laporan dengan profesional. Laporan yang masuk bakal diklarifikasi. Tahapan ini membutuhkan waktu 14 hari.
 
"Staf ahli sudah melakukan klarifikasi lembaga-lembaga yang memberikan pengaduan," ujar Aboe.
 
Azis diduga terlibat kasus suap penyidik KPK asal Polri AKP Stepanus Robin Pattuju. Dia memperkenalkan polisi itu kepada Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial yang tengah dibidik KPK.
 
Politikus Partai Golkar itu juga disebut memfasilitasi pertemuan antara Robin dan Syahrial pada Oktober 2020. Pertemuan berlangsung di rumah dinas wakil ketua DPR.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif