Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: BPMI
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Foto: BPMI

Dua Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin, Pemerintah Disebut Terus Kerja Keras

Nasional Jokowi pemerintah Wapres maruf amin covid-19 pandemi covid-19 Dua Tahun Jokowi-Maruf
Theofilus Ifan Sucipto • 21 Oktober 2021 16:44
Jakarta: Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, mengeklaim pemerintah terus kerja keras selama dua tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Semua kritik yang disampaikan publik menjadi masukan bagi pemerintah.
 
“Yang jelas, kami akan bekerja sekuat tenaga di setiap waktu yang ada,” kata Faldo Maldini saat dihubungi, Kamis, 21 Oktober 2021.
 
Faldo Maldini mengatakan pandemi covid-19 membuat pemerintahan Jokowi-Ma'ruf menghadapi pilihan sulit. Namun, perlahan-lahan semua tantangan dapat dilewati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Faldo, semua pihak punya penilaian masing-masing. Dia berterima kasih kepada mereka yang terus mengawasi jalannya pemerintahan.
 
“Kami tahu betul ekspektasi terhadap pemerintahan Presiden Jokowi sangat besar,” papar dia.
 
Baca: Strategi Rem dan Gas Jokowi-Ma'ruf Ampuh Mengendalikan Covid-19
 
Faldo menyebut masukan dari masyarakat menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah. Kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dibutuhkan untuk menjaga asa Indonesia bangkit dan terus bertumbuh.
 
Sebelumnya, Anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Indraza Marzuki Rais menyebutkan berbagai permasalahan masih menyelimuti kepimpinan Jokowi-Ma'ruf. Salah satu masalah di sektor sosial yang tak kunjung selesai ialah data penerima bantuan sosial (bansos). 
 
Dia menyebut di tengah pandemi covid-19, masyarakat yang memerlukan bantuan meningkat. Namun, hal ini tidak didukung dengan kecepatan perbaruan data. 
 
"Kami apresiasi Kementerian Sosial setiap bulan meng-update data, tetapi balik lagi kecepatan kondisi di lapangan dengan data itu berkejaran satu dengan yang lain," ujar Indraza kepada Medcom.id, Rabu, 20 Oktober 2021. 
 
Sementara itu, kinerja di sektor perekonomian dan kesehatan diapresiasi. Pemerintah dianggap bisa merespons pandemi covid-19 dengan baik.
 
"Kita masih patut bersyukur. Kenapa demikian? Karena jika dibandingkan dengan banyak negara lain, maka keadaan Indonesia tidak buruk-buruk amat," kata Wakil Ketua MPR Arsul Sani saat dihubungi, Rabu, 20 Oktober 2021.
 
Menurut dia, Jokowi-Ma'ruf berupaya keras menanggulangi pandemi di sektor ekonomi dan kesehatan. Arsul mengatakan Indonesia sempat terpuruk di awal pandemi covid-19, tetapi bangkit dengan pertumbuhan ekonomi 7,07 persen pada kuartal kedua 2021.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif