Pendaftaran Bakal Caleg Masih Sepi
Gedung KPU. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran calon legislatif (Caleg) sejak 4 Juli hingga 17 Juli mendatang. Memasuki hari ke tujuh pendaftaran, belum ada Partai Politik yang menyetor daftar nama calegnya ke KPU.
 
"Sampai hari ini, Selasa 10 Juli, belum ada yang mendaftar ke KPU," kata Komisioner KPU, Hasyim Asyari di Gedung KPU Pusat, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.
 
Hasyim mengatakan, setiap bakal caleg yang mendaftar ke KPU harus memenuhi semua dokumen persyaratan, seperti persyaratan rekam pendidikan yang dibuktikan dengan ijazah yang dilegalisir, menyerahkan Surat Catatan Keterangan Kepolisian (SKCK) dan persyaratan lainnya.

Baca: KPU Berlakukan PKPU Sebelum Pendaftaran Caleg

Selain teknis pendaftaran, Hasyim mengatakan faktor politik juga bisa jadi penyebab parpol belum menyetorkan daftar nama bacaleg yang akan diusung pada Pemilu 2019 mendatang.
 
"Karena untuk mendaftar ke KPU, partai harus sudah melengkapi nama calon, daerah pemilihan mana dan nomor urut. Biasanya di Parpol kan penempatan calon di nomor urut sering menjadi masalah di internal partai. Mungkin hal itu yang membuat partai harus hati-hati dan cermat menempatkan siapa calonnya, di dapil mana dan nomor urut berapa," tuturnya.
 
Meski begitu, Hasyim mengimbau para Parpol tak mendaftar di menit-menit terakhir. Pendaftaran di menit terakhir akan merepotkan Parpol sendiri jika terdapat kekurangan saat pemeriksaan kelengkapan dokumen.
 
"Kalau datang hari terakhir, mepet-mepet, itu akan merepotkan semua kalau ternyata ada berkas yang terselip," tandasnya. 






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id