Demokrat Tantang Jokowi Segera Umumkan Cawapres

Whisnu Mardiansyah 12 Juli 2018 01:35 WIB
pilpres 2019pemilu serentak 2019
Demokrat Tantang Jokowi Segera Umumkan Cawapres
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan (kanan) bersama Wasekjen Didi Irawadi (kiri). ANT/Rivan Awal Lingga.
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Didi Irawadi menilai koalisi partai pendukung Joko Widodo belum bisa dikatakan sepenuhnya solid. Buktinya, koalisi Jokowi belum berani mengumumkan calon wakil presiden.

"Pak Jokowi sudah mengatakan kalau itu benar seharusnya segera, selama belum diumumkan belum solid namanya," kata Didi di acara Prime Time Talk Metro TV, Rabu 11 Juli 2018.

Didi menduga ada rasa ketidakpercayaan diri dari seorang Jokowi lantas tak berani mendeklarasikan cawapresnya. Ia membandingkan saat periode kedua SBY 2009 lalu yang sudah mendeklarasikan Boediono sebagai wakilnya enam bulan sebelum tahap pendaftaran capres-cawapres.


"Saya rasa galau (Jokowi) kasih harapan-harapan," ucapnya.

(Baca: Jokowi: Cawapres Mengerucut jadi 5 Nama)

Di sisi lain, Didi belum bisa memastikan ke poros mana Partai Demokrat akan berlabuh. Ia memastikan partainya tak lagi netral seperti di Pilpres 2014 lalu. 

"Kita buka komunikasi yang baik, waktu terus berjalan. Pasti menentukan sikap," tegas Didi. 

Sebelumnya, nama calon wakil presiden (cawapres) Jokowi pada Pilpres 2019 masih digodok. Namun, pilihan sudah mengerucut dari 10 menjadi 5 nama.

Namun, Jokowi belum mau membuka siapa sosok yang masuk daftar prioritas itu. Ia masih harus mematangkan melalui diskusi bersama partai pendukung.



(JMS)