Surya Paloh: Disiplin Nasional Masih Rendah
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Foto: Antara/Wahyu Putro.
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menilai disiplin nasional bangsa Indonesia masih rendah. Semangat kebersamaan masyarakat Indonesia dinilai semakin meredup.
 
"Ini mengkhawatirkan kita," kata Surya di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Mei 2018.
 
Surya mengaku risau melihat potret sosial kemasyarakatan yang terjadi saat ini. Ia melihat masih banyak masyarakat yang mengedepankan kepentingan pribadi ketimbang kepentingan bersama.
 
"Semangat kekitaan yang semakin hari semakin mengecil, meredup. Tergantikan oleh kepentingan ego sentris, kepentingan pribadi," ujarnya.

Baca: Surya Paloh: Indonesia Mengalami Demoralisasi

Surya juga melihat fenomena perilaku masyarakat yang mulai menjauh dari jati diri bangsa Indonesia. Surya mengaku semakin tidak menemukan adanya interaksi keseharian masyarakat yang mencerminkan jati diri bangsa.
 
"Ini harus jadi bahan perenungan bersama. Semua berjalan seakan-akan berjalan bussines as usual," ungkapnya.
 
Ia mengingatkan fenomena ini tidak bisa dianggap biasa. Bangsa ini, kata Surya, sedang mengalami masalah yang besar yang harus segera diperbaiki bersama.
 
"Bagai api di dalam sekam, yang dia bisa meledak setiap saat," tegasnya.
 
Surya menilai, kondisi ini tidak boleh membuat bangsa kecil hati. Ia pun mengajak seluruh komponen bangsa memperbaiki dan meningkatkan disiplin nasional.






(FZN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360