Andi Arief Tegaskan Demokrat tak Akan Dukung Prabowo-Sandi

Faisal Abdalla 10 Agustus 2018 03:53 WIB
pilpres 2019
Andi Arief Tegaskan Demokrat tak Akan Dukung Prabowo-Sandi
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) dan Sandiaga Uno ( kanan) berpegangan tangan seusai memberikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Kamis (9/8) malam. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Jakarta: Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief menegaskan partainya tidak akan bergabung ke koalisi pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Demokrat tidak bisa menerima keputusan Prabowo yang memilih Sandiaga sebagai cawapres.

"Partai Demokrat menyatakan malam ini tidak bisa bergabung dengan koalisi Pak Prabowo," kata Andi di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Andi mengklaim pernyataannya ini merupakan sikap Partai Demokrat, bukan sikap pribadinya. Menurutnya, partai berlambang Mercy itu merasa dikhianati Prabowo karena tak menepati janjinya untuk bersama-sama merundingkan bakal calon wakil presiden. 


Majelis Tinggi akan memutuskan langkah Partai Demokrat selanjutnya pagi ini. Menurut Andi, Demokrat memiliki dua opsi, yaitu abstain atau bergabung ke koalisi yang sudah ada. 

Meski tak menyebut akan bergabung ke koalisi mana, Andi memberi isyarat Demokrat kemungkinan akan merapat ke koalisi pendukung Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin jika Majelis Tinggi memutuskan Demokrat tetap berpartisipasi di Pilpres 2019. 

Baca: Demokrat Beri Selamat ke Prabowo-Sandiaga

"Kita akan melihat aturannya dulu. Karena kabarnya menurut KPU kalau abstain itu tidak diperkenankan untuk ikut pemilu 2024. Kalau besok diputuskan untuk memilih salah satu koalisi, maka jam 9 kita akan ke KPU untuk ikut mendaftarkan calon presiden dan wakil presiden yang didukung Partai Demokrat," tandas Arief. 

Presiden Joko Widodo sudah memutuskan menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma'ruf Amin sebagai pendamping di Pilpres 2019. Keduanya akan mendaftar ke KPU besok pagi pukul 09.00. 



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id