Jubir Jokowi-Ma'ruf Dirampingkan
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) bersama Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate (kiri) dan Sekjen PKB Abdul Kadir Karding (kanan) - Medcom.id/Muhammad Al Hasan.
Jakarta: Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, juru bicara kampanye Joko Widodo-Ma'ruf Amin dirampingkan. Jumlahnya kini berkurang dari 200 orang.  

"Ketika dijumlah itu, jumlanya 112, tetapi ini kan konsultasikan dengan paslon. Terkait dengan jumlah (jumlah final jubir) nanti kita lihat di website KPU, setelah semuanya masuk ke KPU," ujar Hasto di Rumah Cemara, Jalan Cemara Nomor 19, Jakarta Pusat, Sabtu, 18 Agustus 2018 

Dari 112 nama itu, salah satunya Sekjen PKB Abdul Kadir Karding. Dia dinilai sudah mempunyai pengalaman menjadi jubir. 


"Juru bicara salah satunya yang sebelah kiri ini (menunjuk Karding). Karena beliau juga dulu menjalankan tugas itu," imbuh Hasto. 

Hasto menyebut, nantinya para jubir akan berkampanye soal kesuksesan Joko Widodo dalam memimpin lima tahun pemerintahan. Lalu, program Kerja Nawacita Jilid II. 

"Yang jelas, visi misinya menggambarkan capaian dari Jokowi dan kemudian lima tahun ke depan, Nawacita kedua, serta untuk meletakan visi Indonesia 2045," tutur dia. 

(Baca juga: Jubir Jokowi-Maruf Bakal Dilatih Teknik Kampanye)

Sekjen PPP Arsul Sani menambahkan, jumlah jubir yang banyak sudah sesuai perhitungan. Meski, nantinya bakal ada penyesuaian lagi. 

Ini untuk menjelaskan agar tidak sempit dalam memaknai jubir. Sebab, nantinya jubir tidak hanya berhadapan dengan media tapi memiliki fungsi pendukung kesuksesan koalisi.

"Pertama kan jubir itu jangan dipahami untuk bicara ke media saja, atau di forum-forum. Jubir tuh lebih kami maksudkan untuk menjadi juru penerangan dalam berbagai elemen masyarakat. Saya misalnya, kalau jadi jubir kan nggak cocok untuk pemilih pemula, saya cocoknya untuk pemilih usia 30 ke atas itu lebih cocok," tutur dia.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id