Jalan Tol Manado-Bitung. DOK Jasa Marga
Jalan Tol Manado-Bitung. DOK Jasa Marga

Jokowi-Maruf Dinilai Bijak Mengerjakan Proyek Infrastruktur Selama Pandemi

Nasional infrastruktur Virus Korona 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Maruf
Anggi Tondi Martaon • 21 Oktober 2020 12:19
Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo dan Maruf Amin dinilai bijak dalam pembangunan infrastruktur selama pandemi covid-19. Pemerintah hanya mengerjakan pembangunan yang penting.
 
"Proyek yang tidak perlu dilaksanakan beliau (Jokwi-Maruf) tunda," kata Wakil Ketua Komisi V Syarief Abdullah Alkadrie kepada Medcom.id, Rabu, 21 Agustus 2020.
 
Salah satu proyek nasional yang ditunda, yaitu pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Syarief meyakini proyek tersebut tidak akan dilanjutkan hingga wabah covid-19 bisa diatasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, beberapa proyek nasional yang dianggap penting tetap dilanjutkan, yakni pembangunan jalan tol di sejumlah provinsi.
 
Baca: 9 Proyek Jalan Tol Rampung dalam 1 Tahun Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf
 
Menurut dia, pembangunan jalan tol penting. Pembangunan tol akan memperlancar konektivitas dan mempercepat bangkitnya perekonomian nasional setelah pandemi.
 
"Konektivitas itu sangat penting dalam rangka untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi kita," ungkap politikus Partai NasDem itu.
 
Dia menilai pemerintahan Jokowi-Maruf juga pintar mengatur pembangunan di seluruh sektor. Pemerintah tetap menjalankan program infrastruktur tanpa mengesampingkan permasalahan kemanusiaan.
 
"Jadi selama satu tahun ini beliau dapat memainkan peran itu," ujar dia.
 
Jokowi-Maruf menuntaskan sembilan proyek jalan tol dalam setahun pemerintahan. Yakni, Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer (km), Jalan Tol Ruas Kunciran-Serpong 11,1 km, Jalan Tol Layang Cikampek km.
 
Kemudian, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda 99,3 km, Jalan Tol Pandaan-Malang 3,11 km, Jalan Tol Depok-Antasari 6,3 km, Jalan Tol Banda Aceh-Sigli 13,5 km, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai 131 km, dan Jalan Tol Manado-Bitung 26 km.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif