Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo. MI/Ramdani

Hindari Demo, Jokowi Instruksikan Vaksin Dijelaskan ke Publik

Nasional Virus Korona presiden jokowi pandemi covid-19 vaksin covid-19
Nur Azizah • 19 Oktober 2020 14:03
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta jajarannya untuk menjelaskan detail masalah vaksin ke publik. Mulai dari harga, kualitas, hingga statusnya kehalalannya.
 
Penjelasan detail penting agar tidak ada demonstrasi terkait vaksin covid-19. Dia tak ingin ada unjuk rasa karena salah persepsi seperti Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker).
 
"Kalau komunikasinya kurang baik bisa kejadian seperti UU Cipta Kerja ini. Saya minta benar-benar disiapkan mengenai vaksin," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 19 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi juga mengintruksikan agar implementasi vaksinasi diperhatikan. Titik kritis ini tidak bisa dianggap enteng.
 
"Harus dijelaskan prosesnya seperti apa, siapa yang pertama disuntik terlebih dulu, kenapa dia, harus dijelaskan betul ke publik, proses komunikasi publik ini yang betul-betul disiapkan," kata dia.
 
Baca: Jokowi Instruksikan Pembuatan Vaksin Tak Tergesa-gesa
 
Kepala Negara juga meminta kategori masyarakat yang diberi vaksin gratis dijelaskan. Ini untuk meminimalisasi berita bohong yang beredar di masyarakat.
 
"Jangan dihantam oleh isu, dipelintir kemudian kejadiannya bisa masyarakat demo lagi karena memang masyarakat sekarang ini dalam posisi yang sulit," ucap dia.
 
Selain itu, perlu ada pelatihan membawa vaksin. Jokowi menilai hal tersebut penting karena tiap vaksin memiliki penanganan yang berbeda.
 
"Training membawa vaksin, training menaruh vaksin, karena ini dalam jumlah yang banyak, vaksin ini pun harus mendapat treatment dan perlakuan yang beda. Tiap vaksin beda, dari G-42 beda, dari Sinovac beda, dari Astra Zeneca beda lagi. Saya minta WHO Indonesia dilibatkan," kata Jokowi.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif