Ilustrasi kondisi Sungai Citarum. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno
Ilustrasi kondisi Sungai Citarum. Medcom.id/ Octavianus Dwi Sutrisno

Pemda Diminta Mengalokasikan Anggaran untuk Merawat Sungai

Nasional Virus Korona pemda apbd pandemi covid-19
Kautsar Widya Prabowo • 20 Oktober 2020 15:42
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meminta pemerintah daerah (pemda) mengalokasikan anggaran pendatan belanja daerah (APBD) untuk perawatan sungai. Dana itu bisa diserahkan kepada masyarakat yang berada di kawasan aliran sungai.
 
"Misalnya gini, desa itu kan sudah punya dana desa, nah apakah mungkin lewat pemerintah daerah didukung oleh DPRD untuk menambah alokasi anggaran dana desa, bagi desa-desa yang dialiri oleh sungai," kata Doni melalui diskusi virtual, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Doni meyakini ketercukupan dana membuat kepala desa tidak ragu untuk menggerakkan warganya melakukan perawatan sungai. Tidak menutup kemungkinan terobosan ini menjadi ladang penghasilan baru bagi masyarakat setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemda Diminta Genjot Belanja untuk Bantu Lawan Pandemi Covid-19
 
Dia mencontohkan aliran sungai Ciliwung memiliki potensi menambah pendapatan masyarakat di masa covid-19. Menurut Doni, bagian tengah dan bagian hilir sungai Ciliwung bisa dimanfaatkan masyarakat sepanjang aliran sungai untuk menjadi sarana pariwisata atau rekreasi dan hiburan, serta balai pembenihan ikan air tawar.
 
"Kalau ini semua bisa dilakukan, maka masyarakat akan bisa mendapatkan nilai tambah," ujarnya.
 
Selain itu, masyarakat akan mendapat konsumsi makanan tambahan dari sungai yang terpelihara dengan baik. Sehingga ekonomi masyarakat tumbuh dan kebahagiaan masyarakat akan meningkat.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif