Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay
Wakil Menteri LHK Alue Dohong di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 25 Oktober 2019. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Alue Dohong Putra Dayak Pertama di Kabinet

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Antara • 25 Oktober 2019 17:21
Jakarta: Deputi Bidang Konstruksi, Operasi, dan Pemeliharaan Badan Restorasi Gambut (BRG) Alue Dohong menduduki posisi baru di pemerintahan. Presiden Joko Widodo menunjuknya sebagai wakil menteri lingkungan hidup dan kehutanan (LHK).
 
Alue Dohong diamanahkan untuk membantu Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di Kabinet Indonesia Maju. Keberadaan Alue Dohong pun terbilang spesial. Pasalnya, dia menjadi putra Suku Dayak pertama di dalam kabinet.
 
"Dalam sejarah Indonesia merdeka, baru sekali ini orang Dayak ditawari menjadi wakil menteri,” kata Alue di Kompleks Istana, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 25 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Alue Dohong memang sudah lama menggeluti masalah lingkungan, khususnya pengelolaan lahan gambut. Dia mengajar di Universitas Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
 
Pria kelahiran Tumbang Kalang, Kalimantan Tengah, itu mendapatkan gelar magister environmental management di Nottingham University, Inggris. Dia menempuh pendidikan gelar doktornya di University of Queensland, Australia.
 
Dia juga mendirikan Lembaga Pengkajian, Pendidikan, dan Pelatihan Lingkungan Hidup (LP3LH) di Palangka Raya. Sejak 2016, Alue Dohong menjadi deputi bidang konstruksi, operasi, dan pemeliharaan BRG. (Shah Alam Pandu Wibowo)
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif