Presiden Joko Widodo bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. ANT/Puspa Perwitasari.
Presiden Joko Widodo bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. ANT/Puspa Perwitasari.

Pertemuan Jokowi-SBY Bakal Terulang

Nasional partai demokrat kabinet jokowi
M Sholahadhin Azhar • 11 Oktober 2019 15:38
Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan kembali bertemu Presiden Joko Widodo. Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut pertemuan akan digelar dalam waktu dekat.
 
"Mungkin saja akan ada pertemuan finalisasi jelang pelantikan atau setelah pelantikan," kata Ferdinand kepada Medcom.id, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Ferdinand mengatakan komunikasi Jokowi dan SBY berjalan lancar selama ini. Hubungan baik itu menghasilkan pertemuan yang digelar di Istana Merdeka, Kamis, 10 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ferdinand menduga kedekatan ini akan terus dijaga kedua tokoh. Sehingga tak menutup kemungkinan deklarasi dukungan akan disampaikan dalam waktu dekat.
 
"Menurut saya, kemungkinan besar akan ada pertemuan semacam deklarasi, inilah koalisi kami dan teman koalisi," kata dia.
 
Demokrat menerima keputusan akhir Presiden terpilih itu. Ferdinand menegaskan partainya tanpa syarat mendukung Jokowi-Ma'ruf.
 
"Mendeklarasikan dukung Jokowi tanpa bertemu pak Jokowi dan tanpa tawar menawar jabatan dan posisi," beber Ferdinand.
 
Pertemuan antara Jokowi dan SBY berlangsung hangat. Presiden sempat menyinggung perihal koalisi dalam pertemuan itu.
 
"Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan," kata Jokowi di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Jokowi mengungkapkan SBY memberikan masukan mengenai program pemerintah pada periode kedua. Termasuk, cara mengantisipasi perlambatan ekonomi dunia.
 
SBY juga memberikan masukan dan saran terkait politik dan keamanan. "Banyak. Terutama berkaitan situasi eksternal dari sisi ekonomi yang kita semua hati-hati karena perkembangan ekonomi dunia," ungkap Jokowi.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif