Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto usai upacara HUT ke 74 RI. Foto: Medcom.id/ Fachri Audhia Hafedz
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristianto usai upacara HUT ke 74 RI. Foto: Medcom.id/ Fachri Audhia Hafedz

PDIP Sebut Pemindahan Ibu Kota Bisa Dicantumkan di GBHN

Nasional pemindahan ibukota presiden jokowi
Fachri Audhia Hafiez • 17 Agustus 2019 14:06
Jakarta: Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan pentingnya sistem haluan negara. Dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN) bisa dimasukan rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan.
 
"Kalau tidak ada haluan negara, 2024 presidennya ganti tiba-tiba ibu kota negara dipindahkan ke Wonosari, Gunung Kidul Yogyakarta sana. Maka kita perlu haluan negara saudara-saudara sekalian," kata Hasto dalam pidatonya memperingati HUT ke-74 RI di Lapangan Blok S, Kebayoran, Baru, Jakarta Selatan, Sabtu, 17 Agustus 2019.
 
Hasto menjelaskan, pemindahan ibu kota yang telah mendapatkan 'restu' ke Kalimantan, keputusan strategis dari Presiden Joko Widodo. Pemindahan ibu kota ini bentuk penegasan bahwa Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebuah keputusan strategis atas kesadaran geopolitik geostrategis berjangka panjang 50 hingga 100 tahun, bahkan lebih," ujar Hasto.
 
Dengan pemindahan ibu kota ini, Indonesia akan semakin fokus menempati wilayah sesuai fungsinya. "Kita memerlukan sebuah perencanaan mana daerah-daerah sebagai sumber pangan kita, pusat pertahanan industri kita. Mohon doanya kita akan terus melakukan lobi-lobi politik sehingga amandemen terbatas, diartikan kepada tujuan nasional kita pentingnya haluan negara," ucap Hasto.
 
Presiden Joko Widodo meminta restu para wakil rakyat untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta dalam Pidato Kenegaraan Sidang Tahunan MPR. Wacana pemindahan ibu kota, kata dia, demi terwujudnya pemerataan dan keadilan ekonomi. Visi Indonesia maju juga bisa diraih dengan proses ini.
 
"Dengan ini saya mohon izin untuk memindahkan ibu kota negara kita ke Pulau Kalimantan," kata Jokowi di Ruang Rapat Paripurna MPR, Gedung Nusantara I, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif