NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo. Antara/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo. Antara/Wahyu Putro

Jokowi Instruksikan Pemda Cepat Tanggap Virus Korona

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Maret 2020 15:03
Jakarta: Presiden Joko Widodo menginstruksikan pemerintah daerah cekatan dalam menghadapi virus korona (covid-19). Seluruh pemda diminta proaktif berkoordinasi dengan pihak terkait.
 
“Saya minta seluruh gubernur, bupati, dan wali kota untuk terus memontor kondisi daerah dan konsultasi dengan pakar medis,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Maret 2020.
 
Jokowi juga meminta setiap kepala daerah mencermati setiap perkembangan di wilayahnya. Hal itu, kata dia, diimbangi dengan kerja sama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Untuk menentukan status daerahnya siaga darurat atau tanggap darurat bencana non-alam,” ujar Kepala Negara.
 
Jokowi menyebut seluruh jajaran TNI-Polri dan pemerintah pusat akan membantu pemerintah daerah. Itu untuk menjamin strategi yang diambil efektif dan efisien mencegah penyebaran covid-19.
 
“Kebijakan tentang proses belajar dari rumah bagi pelajar dan mahasiwa, dan sebagian ASN (Aparatur Sipil Negara) bisa kerja di rumah,” tuturnya.
 
Baca: Menteri PANRB Perbolehkan ASN Kerja di Rumah
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan, meski melalui sistem daring, pelayanan publik harus tetap prima. Jokowi tak ingin pelayanan daring dijadikan alasan kualitas menurun.
 
“Kemudian menunda kegiatan yang melibatkan peserta yang banyak orang dan meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi covid-19,” pungkas Jokowi.
 
Baca juga: Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif