NEWSTICKER
Pengiriman alat pelindung diri untuk petugas medis yang menangani pasien terpapar korona (covid-19) pada Minggu, 22 Maret 2020. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Pengiriman alat pelindung diri untuk petugas medis yang menangani pasien terpapar korona (covid-19) pada Minggu, 22 Maret 2020. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Puluhan Ribu Alat Pelindung Diri Didistribusikan ke Daerah

Nasional Virus Korona virus corona
Candra Yuri Nuralam • 23 Maret 2020 07:41
Jakarta: Pemerintah mendistribusikan puluhan ribu ribu alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis di rumah sakit rujukan penanganan pasien terpapar virus korona (covid-19). APD didistribusikan sejak Sabtu hingga Minggu, 21-22 Maret 2020.
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi menyebut pendistribusian sudah memperhitungkan jumlah pasien yang ditangani. RS rujukan yang menangani banyak pasien lebih diprioritaskan.
 
“Meski akan didistribusikan ke seluruh Indonesia, tentunya Gugus Tugas covid-19 telah memiliki daftar skala prioritas daerah mana yang sangat membutuhkan,” ujar Oscar Primadi di Jakarta, Minggu, 22 Maret 2020

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Bantuan Alat Pelindung Diri ke Tenaga Medis Mengalir
 
APD yang telah didistribusikan tahap pertama berjumlah 45 ribu unit. DKI Jakarta mendapat 35 ribu unit APD, Bogor 5.000, dan Banten 5.000 unit.
 
Kemudian pada tahap berikutnya, APD yang didistribusikan berjumlah 50 ribu unit. Masing-masing wilayah yang mendapat APD, yakni Jawa Barat 15 ribu unit, Jawa Tengah 10 ribu unit, Jawa Timur 10 ribu unit, DI Yogyakarta 1.000 unit, Bali 4.000 unit, dan 10 ribu unit untuk cadangan.
 
Pada Senin 23 Maret 2020, alat kesehatan hasil kerja sama antara Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok dan Pemerintah Republik Indonesia akan diserahterimakan. “Penyerahan tersebut akan dilakukan di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta,” ucap Oscar.
 
Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan Gugus Tugas Covid-19 memerintahkan pendistribusian APD bagi petugas medis dimaksimalkan. Garda terdepan pemberantasan wabah covid-19 tak boleh jadi korban karena alasan minus alat perlindungan.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif