Sekretaris Fraksi Partai NasDem Saan Mustopa. Foto: MI/M Irfan
Sekretaris Fraksi Partai NasDem Saan Mustopa. Foto: MI/M Irfan

NasDem Minta RUU Ciptaker Dibahas untuk Pulihkan Ekonomi Pascakorona

Nasional Virus Korona Omnibus Law
Whisnu Mardiansyah • 03 April 2020 20:57
Jakarta: Sekretaris Fraksi Partai Nasdem, Saan Mustofa, meminta pemerintah segera memulihkan kondisi ekonomi nasional pascapandemi covid-19 berakhir. Salah satu upayanya dengan mempercepat pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker).
 
"Pascavirus korona, tentu perlu ada pemulihan yang dilakukan oleh pemerintah maupun DPR,” kata Saan di Jakarta, Jumat, 3 April 2020.
 
Saan meminta setiap fraksi di Parlemen segera menindaklanjuti Surat Presiden (Surpres) dan draf RUU Ciptaker yang masih di meja pimpinan DPR. “Kalau pimpinan sudah menelaah dan mengkaji terkait dengan surat Presiden mengenai omnibus law, baik perpajakan maupun cipta kerja, mungkin akan jauh lebih baik kalau misalnya mulai dibahas," ujar Saan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saan mengusulkan pembahasan RUU Ciptaker dimulai melalui fraksi ataupun komisi di DPR. Mengingat tugas pertama setelah wabah ini berakhir adalah memulihkan kondisi ekonomi.
 
"Apakah (omnibus law) diberikan ke fraksi-fraksi, komisi, dan sebagainya untuk mengantisipasi nanti pascavirus korona. Karena kita perlu melakukan recovery (pemulihan) secara cepat," kata Saan.
 
Baca: RUU Cipta Kerja Ditetapkan Dibahas di Baleg
 
Dalam perjalanannya, muncul usulan agar RUU Ciptaker dibahas di tingkat panitia khusus (Pansus) atau Baleg. Sebab, aturan yang diajukan pemerintah bersifat lintas fraksi.
 
Fraksi Partai NasDem mengusulkan pembahasan dilakukan di Baleg karena dinilai bisa lebih cepat dan sederhana. Ketua Fraksi Partai NasDem Ahmad Ali menyebut Baleg dan pansus sama-sama berisi perwakilan fraksi dan komisi di DPR.
 
"Alur komunikasi lebih mudah," kata Ali rapat pleno Fraksi Partai NasDem di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif