Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina
Ilustrasi Kompleks Parlemen Senayan. Medcom.id/Githa Farahdina

Komisi IX Segera Panggil Pemerintah Terkait BPJS Kesehatan

Nasional BPJS Kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 18 Mei 2020 15:33
Jakarta: Komisi IX DPR bakal menindaklanjuti penaikan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pihak terkait akan dipanggil menjelaskan alasan penaikan premi peserta yang berlaku pada 1 Juli 2020 nanti.
 
"Yang pasti kalau mitra kami kan BPJS dan Kemenkes," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena kepada Medcom.id, Senin, 18 Mei 2020.
 
Politikus Partai Golkar itu menyebutkan pihak lain di luar mitra kerja Komisi IX juga berkemungkinan dipanggil. Di antaranya Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan mungkin juga Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) kalau berkemungkinan," ungkap dia.
 
Baca: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Demi Program JKN
 
Rapat menindaklanjuti penaikan iuran BPJS Kesehatan kemungkinan baru terlaksana Juni 2020. Izin penyelenggaraan rapat akan diajukan ke pimpinan DPR setelah Lebaran Idulfitri sebab dewan tengah reses.
 
"Ini pimpinan DPR juga memahami perlu segera ada follow up dari putusan ini (penaikan iuran BPJS Kesehatan)," ujar dia.
 
Baca: Subsidi Kelas III BPJS Kesehatan Dinilai Tak Tepat
 
Pemerintah kembali menaikkan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penaikan untuk Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) kelas I dan II dan berlaku mulai 1 Juli 2020.
 
Iuran kelas I mengalami peningkatan dari Rp80 ribu menjadi Rp150 ribu per bulan. Sementara iuran kelas II naik dari Rp51 ribu menjadi Rp100 ribu per bulan.
 
Untuk kelas III naik dari Rp25.500 menjadi Rp35 ribu per bulan mulai 1 Januari 2021. Subsidi iuran dari pemerintah yang kini mencapai Rp16.500 per bulan juga bakal turun menjadi Rp7.000 per bulan.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif