NEWSTICKER
Warga membeli masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Warga membeli masker di Pasar Pramuka, Jakarta, Selasa (28/1/2020). Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pemerintah Diminta Menjamin Ketersediaan Masker dengan Harga Terjangkau

Nasional Virus Korona
M Rodhi Aulia • 18 Februari 2020 19:33
Jakarta: Permintaan masker melonjak drastis menyusul terjadinya wabah virus Korona. Termasuk permintaan masker dari Perusahaan Tiongkok, Suning Group, sebanyak 2 juta lembar.
 
Anggota DPR RI Fraksi Golkar Bobby Adhityo Rizaldi mengapresiasi peluang bisnis tersebut. Namun Bobby mendesak pemerintah melalui menteri BUMN menjamin ketersediaan masker dan harga yang terjangkau di dalam negeri.
 
"Ketersediaan masker secara massal dan terjangkau oleh masyarakat adalah upaya ketahanan negara dalam menghadapi dampak wabah virus Korona," kata Bobby di Jakarta, Selasa 18 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasalnya kekhawatiran masih menyelimuti masyarakat di sejumlah negara. Pula di Indonesia. Tak ayal mereka memburu masker untuk mencegah terpapar virus Korona. Dari sana, harga masker ikut meroket.
 
Bobby berharap BUMN dapat memproduksi masker lebih banyak lagi. Hal itu penting dilakukan agar dapat mencegah kelangkaan masker dan menekan harga masker yang cenderung melambung tinggi.
 
"Saya berharap BUMN melalui PT RNI bisa membuat masker lebih banyak lagi untuk menekan harga masker dan mengatasi kelangkaan di dalam negeri," ujar dia.
 
Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengaku mendapatkan telepon dari Suning Group terkait permintaan sebanyak 2 juta masker. Namun Erick juga mewanti-wanti ketersediaan di dalam negeri.
 
"Jangan sampai kita jual ke luar negeri, tapi kita sendiri, tidak siap untuk di dalam negeri," kata Erick di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Senin 10 Februari 2020.
 

 

(WAN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif