Sekretaris TKN KIK Hasto Kristiyanto - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Sekretaris TKN KIK Hasto Kristiyanto - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Tim Kampanye Jokowi Emoh Mainkan Politik Identitas

Nasional pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 17 September 2018 16:45
Jakarta: Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN-KIK) tak berminat melakukan politik Identitas di Pemilihan Presiden 2019. Hal ini merespons seruan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang akan menggunakan politik identitas guna memenangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Sekretaris TKN KIK Hasto Kristiyanto menyebut cara itu sebagai langkah negatif dan pihaknya tak akan tergoda menggunakannya. "Kami tetap tidak akan tegoda untuk melakukan hal yang negatif. Kami percaya membangun Indonesia Raya dengan gagasan yang positif," kata Hasto di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 17 September 2018.
 
Hasto menyebut cara itu merupakan cara lama dari kompetitor untuk mengalahkan petahana. Joko Widodo, kata Hasto, juga pernah menghadapi strategi serupa di Pilpres 2014. Salah satunya yakni melalui pemberitaan Obor Rakyat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kala itu, Hasto menyebut, Jokowi dikabarkan sebagai keturunan Tionghoa dan antek asing. Namun pada akhirnya, eks Wali kota Solo itu keluar sebagai pemenang.
 
Hal itu, kata dia, membuktikan politik identitas tidak efektif dan tak mendapat tempat di hati rakyat.
"Rakyat tetap melihat akhirnya bahwa hal-hal yang negatif itu tidak mendapat tempat di hati rakyat," kata Hasto.
 
Diketahui, melalui rekaman suara dalam Ijtima Ulama jilid dua, Rizieq Shihab menyuarakan tentang politik identitas untuk Pilpres 2019. Menurutnya, semua peristiwa politik mulai dari kemerdekaan Indonesia hingga kemenangan Anies Baswedan, tidak bisa dilepaskan dari politik identitas.
 
Rizieq menyebut presiden pertama Soekarno menggunakan politik tersebut saat merancang Pancasila. Ia juga mengklaim politik identitas yang diusung ulama tetap bermartabat.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif