Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Pendamping

Deny Irwanto 23 Mei 2018 15:34 WIB
pilpres 2019
Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Pendamping
Ilustrasi--Presiden Joko Widodo--Antara/Ismar
Jakarta: Joko Widodo diyakini telah mengantongi nama pasangannya di Pilpres 2019. Pengumuman nama cawapres Jokowi menunggu momentum.

"Tinggal nanti diumumkan pada saat momentum politik yang tepat. Nanti kan Bapak Presiden berdiskusi dengan partai politik soal daftar nama, baru dibicarakan," kata Sekjen Partai NasDem, Johnny G. Plate kepada Medcom.id, Rabu, 23 Mei 2018.

Dia mengatakan jika partai politik pendukung tidak memaksa Presiden Joko Widodo untuk memilih cawapres sesuai nama yang diusung partai. "Ini diserahkan sepenuhnya kapada Bapak Joko Widodo untuk nanti memilih siapa yang akan jadi cawapresnya," terang Johnny. 


Baca: Calon Pendamping Jokowi Diumumkan Juni

Menurut Johnny cawapres yang sehati tidak bisa ditentukan dengan serampangan. Apalagi dengan waktu yang singkat.

Baca: PDIP dan Jokowi Kaji Kriteria Cawapres

Sebelumnya,  Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan calon pendamping Joko Widodo pada Pilpres 2019 tak akan dibahas dalam waktu dekat. Hal itu akan dirumuskan seusai Pilkada 2018 atau Juni.
 
Hasto tak menampik beberapa nama direkomendasikan menjadi cawapres, termasuk Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Golkar memang membawa aspirasi agar Airlangga mendampingi Jokowi, tetapi belum bisa diputuskan.
  
Selain Airlangga, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menyatakan sejak awal hanya ingin dipasangkan dengan Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Cak Imin sapaan Muhaimin memberi sinyal bahwa PKB merupakan salah satu dari dua partai yang bakal mendukung Jokowi.




(YDH)