Syahrul Yakin Popularitas Naik karena Rajin Bertemu Masyarakat

Dheri Agriesta 25 Mei 2018 06:11 WIB
pilpres 2019
Syahrul Yakin Popularitas Naik karena Rajin Bertemu Masyarakat
Ketum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (kanan) dan Bupati Minahasa Utara Vonny Anneke Panambunan. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Jakarta: Survei Charta Politika menyebut popularitas Ketua DPP Partai NasDem Syahrul Yasin Limpo mengalahkan empat ketua umum partai politik. Syahrul menyebut popularitas yang diperoleh merupakan hasil aktivitas politiknya selama ini.

Syahrul percaya popularitas yang diperolehnya karena kerap turun dan bertemu masyarakat. Masyarakat yang merasa dekat dengan pemimpin pun bisa menilai pekerjaannya secara logis. 

"Bagaimana bisa mengerti persoalan kalau tidak pernah ke lapangan dan bertemu warga. Saya hanya bisa menyatakan, masyarakat punya logika dan pilihan masing-masing. Saya tahu itu karena pernah jadi pelayanan masyarakat, sebagai Bupati dan Gubernur," kata Syahrul melalui keterangan yang diterima, Jumat, 25 Mei 2018.


Syahrul bisa gampang mengetahui masalah dan kebutuhan masyarakat setelah berinteraksi langsung dengan masyarakat. Hal ini lebih penting ketimbang memasang poster dan baliho buat mengambil perhatian masyarakat. 

"Dengan cara itu, politikus tidak hanya mengenalkan diri pada warga. Politikus juga bisa bersentuhan langsung dan menyerap apa yang sebenarnya diinginkan warga," jelas Syahrul.

Syahrul tak mengetahui hasil survei popularitas ini sebelumnya. Ia hanya tahu mengungguli empat ketua umum partai politik setelah hasil survei dimuat media dan media sosial. 

Pria asal Sulawesi Selatan ini menilai, popularitas dapat diraih karena pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Jabatan itu mengharuskan Syahrul berkeliling dan memahami sejumlah masalah di Indonesia. 

"Mungkin gara-gara itu (keliling Indonesia), alhamdulillah, masih ada yang mengenal saya. Karena saya tidak memasang baliho di mana-mana," pungkas Syahrul. 

Hasil survei Charta Politika yang dirilis pada 21 Mei 2018, Syahrul Yasin Limpo memperoleh tingkat keterkenalan 17,3 persen. Syahrul lebih unggul dari beberapa nama lain seperti Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. 

Syahrul juga mengungguli perolehan keterkenalan dari empat ketua umum partai politik. Charta Politika merilis, Ketum Parpol Golkar Airlangga Hartarto memperoleh 13%, Ketua Umum PPP Romahurmuziy mendapatkan 12,3%, Presiden PKS Sohibul Iman mengantongi 11,9%, dan Ketua Umum PSI Grace Natalie memperoleh 10,1%. 

Namun, Syahrul masih kalah populer dari sejumlah tokoh agama dan politik seperti Ketua Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, Soekarwo, Anis Matta, Ahmad Heryawan, Moeldoko, dan Zainul Madji. Syahrul juga belum bisa mengalahkan popularitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.



(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id