Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Menteri LHK Alue Dohong bersama Brigade Manggala Agni di Kementerian LHK, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019. Medcom.id/Jufriansyah.
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Menteri LHK Alue Dohong bersama Brigade Manggala Agni di Kementerian LHK, Jakarta, Kamis, 19 Desember 2019. Medcom.id/Jufriansyah.

Menteri Siti Ingin Manggala Agni Jadi PNS Fungsional

Nasional kebakaran hutan pns
Jufriansyah • 20 Desember 2019 11:23
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar akan memperjuangkan status kepegawaian personel Manggala Agni. Siti ingin Manggala Agni menyandang status pegawai negeri sipil (PNS) fungsional seperti Polisi Hutan.
 
"Kami juga meminta atensi Pak Tjahjo Kumolo (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) bahwa Manggala Agni ini jadi PNS jabatan fungsional, fungsional seperti Polhut," kata Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti KLHK, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 19 Desember 2019.
 
Siti meminta Sekretaris Jenderal Kementerian LHK Bambang Hendroyono menuntaskan status kepegawaian Manggala Agni. Ia memberikan tenggat waktu hingga Januari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Harus sudah ada informasi yang pasti," kata Siti.
 
Manggala Agni memiliki 1.875 personel di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, hanya beberapa petugas yang menyandang status PNS.
 
Dalam level birokrasi, kata Siti, Manggala Agni harus memutuskan sendiri tindakan yang akan diambil di lapangan. Posisi itu tak jauh beda dengan polisi.
 
Politikus Partai NasDem itu memuja peran Manggala Agni dalam mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan. Pasukan itu disebut rela berkorban demi menjaga nama baik bangsa.
 
"Mengapa karena dengan Karhutla ini kita menghadapi banyak hal, termasuk reputasi bangsa, harga diri bangsa indonesia oleh karena itu anda Manggala Agni sangat pantas disebut patriot," kata Siti.
 
Manggala Agni merupakan brigade pengendalian kebakaran hutan Indonesia yang dibentuk Departemen Kehutanan pada 2003. Brigade itu dibentuk untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan. Mereka juga ditugaskan mengelola lahan pascakebakaran.
 

 
(DRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif