Gubenur NTT Viktor B Laiskodat. Foto: MI/Mohamad Irfan
Gubenur NTT Viktor B Laiskodat. Foto: MI/Mohamad Irfan

Kader NasDem Diminta Perangi Radikalisme

Nasional Kongres NasDem
Candra Yuri Nuralam • 11 November 2019 04:23
Jakarta: Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta seluruh politikus partai NasDem di Indonesia harus bisa memberantas pemikiran radikalisme. Salah satunya adalah dengan menyebarkan pola pikir Pancasila kepada masyarakat.
 
"Pancasila harus dikedepankan sebagai ideologi dan pemikiran, harus dipastikan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," kata Viktor saat menghaditi Kongres II dan Hut ke-8 NasDem di JI-Expo, Jakarta Pusat, Minggu 10 November 2019.
 
Viktor mengatakan ideologi Pancasila adalah patokan bagi seluruh warga negara. Dengan mengedepankan ideologi Pancasila secara langsung akan membuat masyarakat cinta akan negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seorang politisi Partai NasDem, anaknya tidak boleh tidak mengerti Pancasila," ujar Viktor.
 
Selain itu, Viktor mengatakan kader NasDem yang mempunyai jabatan negara di daerah harus bisa memperkuat kecintaan akan Pancasila kepada masyarakat. Pasalnya, lanjutnya, pejabat negara mempunyai aura tersendiri sebagai contoh masyarakat.
 
"Sebagai seorang Gubernur, Bupati, Presiden RI, anggota DPR, partai-partai politik harus terus mengedepankan pemikiran Pancasila sebagai sebuah ideologi, keyakinan, falsafah bangsa," ujar Viktor.
 
Salah satunya adalah dengan mengedepankan salam Nusantara yang menjadi ikonik bangsa. Viktor mengatakan Indonesia mempunyai faham bhineka tunggal ika.
 
Para kader maupun pejabat negara dari partai NasDem diminta membuka pembicaraan di muka umum harus dilakukan dengan mengucap salam nusantara. Dengan itu, keberanekaragaman Indonesia akan tetap terjaga.
 
"Jangan pernah berfikiran rasis mulai dari suku, agama, warna kulit dan lainnya, kalau berfikir seperti itu sudah rusak," pungkasnya.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif