Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. MI/Saskia Anindya.
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. MI/Saskia Anindya.

Panglima TNI Sebut Papua Rawan Konflik di Pilkada 2020

Nasional pilkada serentak
Arga sumantri • 06 November 2019 12:48
Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memetakan wilayah rawan konflik dalam Pilkada Serentak 2020. Papua diprediksi sebagai salah satu wilayah rawan konflik.
 
"Daerah yang diperkirakan berpotensi konflik karena isu SARA, konflik horizontal, dan politik uang adalah wilayah Papua," kata Hadi dalam rapat kerja dengan Komisi I di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.
 
Hadi menjelaskan Pilkada Serentak 2020 akan dilaksanakan di 270 daerah. Jumlah itu terdiri dari sembilan provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Potensi kerawanan dalam pilkada terdapat pada aspek penyelenggaraan, aspek kontestasi dan aspek partisipasi," jelas Hadi.
 
Tahapan pilkada serentak dimulai pada 1 Oktober 2019 hingga 23 September 2020. TNI-Polri bakal bekerja sama menjaga penyelenggaraan pesta demokrasi itu. TNI menyiagakan personel dan alat taktis untuk mendukung Polri.
 
"Pada pemilu yang lalu TNI mengerahkan kekuatan sebesar dua per tiga dari kekuatan yang dikerahkan oleh Polri," kata Hadi.
 
Komisi I menggelar rapat kerja dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Agenda rapat mendengarkan pemaparan rencana kerja 2020 beserta anggaran pendukung dari Panglima TNI. Rapat ini juga membahas sejumlah isu aktual.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif