Presiden Jokowi dalam pembukaan Kongres Notaris Dunia ke-29 Tahun 2019, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019. Foto: Medcom.id/Desi Angriani
Presiden Jokowi dalam pembukaan Kongres Notaris Dunia ke-29 Tahun 2019, di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019. Foto: Medcom.id/Desi Angriani

Jokowi Ingin Cek Kebenaran Pengesahan PT dalam 7 Menit

Nasional kemenkumham
Desi Angriani • 28 November 2019 14:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin mencoba proses pengesahan perseroan terbatas (PT) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) mengeklaim legalisasi daring hanya memakan waktu tujuh menit.
 
"Ini mau saya cek benar enggak pelayanan pengesahan PT tujuh menit," kata Jokowi dalam pembukaan Kongres Notaris Dunia ke-29 Tahun 2019, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.
 
Menurut dia, penerapan sistem administrasi hukum secara daring memang mampu memangkas waktu pelayanan. Misalnya, legalisasi dokumen kini hanya memakan waktu tiga jam dari sebelumnya tiga hari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perizinan pakai elektronik sehingga mengurus izin tidak harus berbulan-bulan," imbuh dia.
 
Percepatan legalisasi eletronik mempermudah kegiatan notaris. Setidaknya ada 18 layanan kenotarisan secara daring, seperti pembayaran penerimaan negara bukan pajak (PNPB), ujian pengangkatan notaris, hingga registrasi dan panduan notaris yang belum memiliki username dan password.
 
"Artinya teknologi bisa membuat lompatan sehingga notaris bisa bekerja lebih cepat," tambah Jokowi.
 
Kepala Negara pun mengingatkan kondisi dunia bergerak dinamis seiring kehadiran internet untuk segala. Semua negara terkena dampak dari era disrupsi ini, termasuk Indonesia.
 
"Era ini menghadirkan tantangan baru dan juga memberikan tantangan besar, di mana pemerintah, pelaku bisnis dan juga kalangan notaris harus mengubah proses," pungkas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif