Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

RUU Omnibus Law Tak Mengatur Pemecatan Kepala Daerah

Nasional Omnibus Law
Nur Azizah • 22 Januari 2020 18:29
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bantah Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Lapangan Kerja membuat Presiden dan Mendagri bisa memecat kepala daerah. Pemberhentian kepala daerah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan
 
"Saya mau koreksi di dalam RUU itu tidak ada pasal mengenai pemberhentian kepala daerah oleh Mendagri atau Presiden," tegas Tito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 22 Januari 2020.
 
Dia juga mengaku tak setuju pemecatan kepala daerah diatur dalam omnibus law. Dia berjanji akan membatalkannya bila ketentuan itu betul-betul tertuang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sebagai Mendagri meminta itu ditarik. Kenapa? Karena sudah ada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Kepala Daerah, baca Pasal 67, 68, 69, 76 sampai 89," ujar dia.
 
Tito menerangkan kepala daerah bisa diberhentikan bila meninggal dunia dan mengundurkan diri. Kepala daerah juga bisa diberhentikan bila tidak melaksankan program strategis nasional.
 
"Kalau meninggalkan tempat kerja berturut-turut tanpa izin selama tujuh hari atau akumulatif tidak berturut-turut selama satu bulan akan dapat teguran pertama, teguran kedua, itu dapat diberhentikan temporer tiga bulan," terang dia.
 
Purnawirawan Polri itu menjelaskan gubernur juga bisa melaporkan bupati atau wali kota bila tidak bekerja dengan baik. Dia menegaskan kewenangan soal pemberhentian kepala daerah sudah diatur dalam UU.
 
"Bahkan bukan hanya kepada gubernur, gubenur dapat mengajukan pemberhentian juga kepala daerah yang tidak sesuai pasal-pasal itu kepada Mendagri untuk para bupati dan wali kota," pungkas Tito.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif