Banjir di kawasan Jakarta Timur pada 24 Februari lalu/MI/AndriWidiyanto
Banjir di kawasan Jakarta Timur pada 24 Februari lalu/MI/AndriWidiyanto

Berita Menarik Nasional Sepekan

Banjir Jakarta Sampai Umrah yang Tertunda

Nasional Berita Menarik Nasional Sepekan
Medcom • 29 Februari 2020 17:48
Jakarta: Indonesia tak pernah sepi informasi menarik. Tak melulu soal politik dalam negeri, kebijakan luar negeri yang berpengaruh langsung pada masyarakat Indonesia pun bikin ramai pemberitaan.
 
Setidaknya, ada lima isu yang menjadi sorotan. Jakarta kembali dihebohkan banjir awal pekan lalu. Tak kurang dari 200 rukun warga (RW) di Ibu Kota kebanjiran.
 
Isu lain yang tak kalah menggegerkan ialah soal penundaan umrah. Arab Saudi memutuskan penundaan penerimaan jemaah umrah akibat virus korona (Covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Masih soal korona, pekan ini Indonesia disibukkan dengan pemulangan warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal World Dream dan Diamond Princess. Sebanyak 188 WNI ABK World Dream sudah diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, sedangkan 68 WNI dari Diamond Princess diperkirakan tiba di Tanah Air Senin dini hari, 2 Maret 2020.
 
Perbincangan soal zat radioakktif sesium (Cs-137) yang mencemari lahan kosong di Perumahan Batan Indah, Setu Tangerang Selatan, Banten, masih menjadi sorotan. Sedangkan di Senayan, legislator dipusingkan dengan ribetnya pembahasan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja.
 
Berikut lima berita menarik nasional dalam sepekan:

1. Jakarta Kebanjiran

Ibu Kota Negara dilanda banjir Senin, 25 Februari 2020. Sekitar 200 RW terdampak.
 
Banjir Jakarta bahkan disebut lebih elite. Anggota Komisi A DPRD DKI Gembong Warsono menyebut banjir umumnya dialami warga di dataran rendah, permukiman padat, atau bantaran sungai.
 
Tahun ini kawasan elite seperti Menteng pun ikut kebanjiran. "Banjirnya sekarang sudah 'naik kelas'," ujar Gembong saat dihubungi, Jumat, 28 Februari 2020.
 
Selengkapnya baca di sini

2. Umrah yang Tertunda

Pemerintah Arab Saudi menunda penerimaan jemaah umrah dari berbagai negara akibat virus korona (Covid-19). Parahnya, Indonesia yang dinyatakan negatif korona terimbas.
 
Banjir Jakarta Sampai Umrah yang Tertunda
Ilustrasi umrah/AFP
 
Juru bicara Wakil Presiden Masduki Baidlawi memerinci 2.300 lebih jemaah umrah batal berangkat. Sedangkan 1.600 jemaah tertahan.
 
"Kita yakinkan jemaah tidak akan kehilangan apa pun, ibadah tetap sesuai rencana tapi tertunda," ujar Masduki di Jakarta, Sabtu, 29 Februari 2020.
 
Pemerintah terus melobi Arab Saudi.Ia berharap semua calon jemaah umrah bisa segera menjalankan ibadah ke Tanah Suci.
 
Selengkapnya baca di sini

3. Pulang Kampung karena Korona

Pemerintah memulangkan 188 WNI ABK World Dream dimulai, Jumat sore, 28 Februari 2020. Mereka bakal menjalani observasi 14 hari setelah di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.
 
Pemerintah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang observasi. Salah satunya, ruang rekreasi yang dilengkapi fasilitas karaoke.
 
Banjir Jakarta Sampai Umrah yang Tertunda
Sebanyak 188 WNI ABK Kapal Wolrd Dream tiba di dermaga Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu/ANT/Akbar Nugroho Gumay
 
Sedangkan 68 WNI dari Diamond Princess diperkirakan tiba di Indonesia, Senin, 2 Maret 2020. Mereka akan diobservasi di pulau yang sama.
 
Selengkapnya baca di sini

4. Gara-gara Radioaktif

Zat radioaktif sesium (Cs-137) mencemari lahan kosong di Perumahan Batan Indah, Setu Tangerang Selatan, Banten. Sisa-sisa zat radioaktif itu disinyalir bersumber dari salah satu rumah di Blok A 22, Kompleks Batan Indah.
 
"Ini merupakan titik terang atas kasus ditemukannya limbah radioaktif sesium 137 pada akhir Januari 2020 di lahan kosong, bagian depan perumahan Batan Indah," kata Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Indra Gunawan, Senin, 24 Februari 2020.
 
Selengkapnya baca di sini

5. Peliknya RUU Ciptaker

Pembahasan RUU Ciptaker belum juga rampung. Padahal, Surat Presiden (Surpres), naskah akademik, dan draf aturan sapu jagat itu sudah diserahkan ke DPR.
 
Legislator tak juga membahas hingga mereka reses, Jumat, 28 Februari 2020. Wakil Rakyat baru kembali bekerja, akhir Maret 2020. Artinya, pembahasan kembali molor minimal sebulan.
 
Selengkapnya baca di sini.
 

(OJE)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif