Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Medcom.id/Annisa Ayu Artanti

KSP: Penunjukan Luhut Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Andhika Prasetyo, Media Indonesia.com • 16 September 2020 14:41
Jakarta: Penunjukan Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memimpin penanganan covid-19 di sembilan provinsi diminta tak menjadi polemik. Penunjukan Luhut hak prerogatif Presiden Joko Widodo.
 
"Itu adalah hak prerogatif presiden (Joko Widodo) dan kepercayaan terhadap Pak Luhut diberikan sesuai dengan kapasitasnya, sesuai dengan sumber daya yang dimiliki untuk bisa segera menurunkan kasus covid-19 di sembilan provinsi tersebut," kata Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Donny Gahral Adian, saat dikonfirmasi, Rabu, 16 September 2020.
 
Menurut Donny, penunjukan tersebut dilatarbelakangi keahlian Luhut yang mampu mengeksekusi tugas-tugas dengan baik. "Berbekal kepercayaan itu, Pak Luhut ditugasi Presiden (Joko Widodo) untuk menekan kasus positif di sembilan provinsi," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia meminta penunjukan tersebut tidak dipersoalkan karena setiap keputusan Presiden pasti didasari pertimbangan matang. Presiden juga diyakini tahu betul kapasitas Luhut.
 
Baca: Luhut Diklaim Berwenang Menangani Covid-19
 
Sembilan provinsi yang kini menjadi prioritas dalam penanganan adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua, dan Bali. Kesembilan daerah tersebut menjadi sorotan Presiden Jokowi karena menyumbang 75 persen dari kasus covid-19 di Tanah Air.
 
"Pak Luhut nantinya akan bertanggung jawab terhadap program operasi yustisia manajemen perawatan, rapid test. Itu semua akan dilakukan secara masif dan efektif agar angka kasus bisa ditekan dan kesembuhan meningkat," tegas Donny.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif