Polisi Diyakini Profesional Hadapi Amien Rais

Arga sumantri 09 Oktober 2018 11:40 WIB
Kabar Ratna Dianiaya
Polisi Diyakini Profesional Hadapi Amien Rais
Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding. Foto: MI/Irfan.
Jakarta: Polisi diyakini profesional dalam memeriksa Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais. Rencana kehadiran ratusan massa yang mengawal pemeriksaan Amien tak akan mempengaruhi sikap penyidik.
 
"Saya yakin polisi tidak terpengaruh, mereka independen, mereka profesional," kata Sekjen PKB Abdul Kadir Karding saat dihubungi, Selasa, 9 Oktober 2018.
 
Karding mengatakan rencana pengawalan pemeriksaan Amien dari massa Presidium Alumni 212 sah-saja saja. Namun mereka harus taat aturan dan diizinkan polisi. "Hukum di Indonesia tidak akan terpengaruh dengan tekanan publik. Tidak bisa mempengaruhi proses hukum yang ada," ujarnya.
 
Menurut dia, semestinya Amien maupun simpatisannya tak perlu terlalu khawatir soal pemeriksaan nanti. Toh, Amien belum dinyatakan bersalah dan pemeriksaan hanya untuk menggali bukti-bukti kasus berita bohong alias hoaks Ratna Sarumpaet.
 
"Tidak perlu berlebihan kalau tidak salah. Menghadirkan banyak orang itu akan menimbulkan kesan ini bersalah, jadi biasa saja," kata Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu.

Baca: Amien Rais akan Memenuhi Panggilan Polda Metro

Amien Rais berjanji memenuhi panggilan kepolisian pada Rabu, 10 Oktober 2018. Ini merupakan panggilan kedua setelah sebelumnya mangkir.
 
Amien akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus kebohongan Ratna Sarumpaet. Saat ini, Ratna sudah jadi tersangka dan ditahan.
 
Ketua Umum Presidium Alumni (PA) 212 Slamet Maarif menyebut sekitar 500 orang akan mengawal pemeriksaan Amien Rais di Polda Metro Jaya. Pengawalan sengaja dilakukan karena Amien merupakan Ketua Dewan Penasihat PA 212.




(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id