ilustrasi. Medom.id/Rizal
ilustrasi. Medom.id/Rizal

Dickson Aritonang Kejutkan Dapil Bengkulu

Nasional pemilu
20 Maret 2019 14:00
Jakarta: Caleg Dickson Aritonang memberi kejutan di daerah pemilihan (dapil) Bengkulu. Dirinya berpeluang lolos ke Senayan meski harus bertarung dengan para petahana.
 
Hal itu telihat dari survei Y-Publica yang dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Bengkulu. Di posisi teratas ada caleg petahana Gerindra Susi Marleny Bachsin (13,6 persen) disusul caleg PDIP Elva Hartati Murman (11,6 persen). Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal Eko P Sandjojo dengan elektabilitas 7,1 persen.
 
Pegiat lingkungan Dickson Aritonang diprediksi mendapatkan satu kursi dengan elektabilitas 4,3 persen. Sementara petahana lainnya masih harus berjuang, yaitu Dewi Coryati (4,0 persen) dan Anarulita Muchtar (3,6 persen).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Menteri Eko yang maju dari PKB dan Dickson dari PSI tampil sebagai kuda hitam,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica, Rudi Hartono, Rabu 20 Maret 2019.
 
Eko yang berada di pemerintahan dan Dickson dari kalangan masyarakat sipil sama-sama memperkuat koalisi Jokowi di dapil Bengkulu.
 
Dickson Aritonang Kejutkan Dapil Bengkulu
 
Mantan sekjen Nasdem Patrice Rio Capella menjadi tim sukses Jokowi dan menempatkan isterinya Restuti Aprilia sebagai caleg PDIP (2,8 persen). Ada pula caleg-caleg Nasdem yaitu putera bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli maju (1,9 persen) dan Wismen A Razak mantan calon bupati Mukomuko (0,9 persen). Lalu mantan senator Mohammad Saleh (3,3 persen).
 
Dari kubu oposisi ada Dani Hamdani dari PKS (2,4 persen), mantan calon bupati Kaur Syamhardi Saleh dari Demokrat (2,1 persen), dan caleg Gerindra Lia Lastaria kerabat mantan gubernur (1,1 persen). Caleg PSI lainnya adalah Sepda Ayu (1,4 persen) dan Edward M Rozie (0,8 persen).
 
“Sedang yang belum menentukan pilihan mencapai 29,3 persen,” pungkas Rudi.
 
Survei Y-Publica dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Bengkulu. Dalam Pileg 2019, dapil Bengkulu mendapat alokasi 4 kursi. Jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif