Hadiri KTT ASEM, JK Soroti Keamanan Maritim Internasional
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Foto: MI/Adam Dwi.
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengajak seluruh negara mitra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Eropa (ASEM) meningkatkan kerja sama di bidang keamanan maritim. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memahami pentingnya peran laut bagi perekonomian.
 
"Indonesia sangat memahami peran penting lautan dalam mempertahankan pertumbuhan ekonomi, ketahanan energi, keamanan pangan, dan kegiatan sosial. Terdapat urgensi dalam memperkuat kerja sama internasional untuk menjaga lautan kita," kata Kalla dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 20 Oktober 2018.
 
Kalla mengatakan Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia  menghadapi banyak tantangan dalam mempertahankan kedaulatan maritimnya. Tantangan itu di antaranya penangkapan ikan secara ilegal, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (IUU), pembajakan, serta polusi laut.

Baca: Terorisme Maritim dan IUU Fishing Jadi Perhatian Indonesia-AS

Untuk mengatasi tantangan ini, Kalla meminta bangsa-bangsa di dunia saling menyelaraskan dan menyinergikan komitmen politik dalam rangka peningkatan keamanan wilayah maritim nasional maupun internasional.
 
"Kita harus mengembangkan platform bersama untuk interaksi dan menciptakan sarana untuk melaksanakan komitmen tersebut," kata Kalla.
 
Kalla juga mengumumkan Indonesia akan menjadi tuan rumah Our Ocean Conference pada akhir Oktober serta tuan rumah Archipelagic Island States Forum pada November 2018. Kalla berharap negara mitra ASEM mau berpartisipasi secara aktif dalam pertemuan-pertemuan tersebut.
 
"Indonesia siap dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan semua mitra ASEM dalam menangani isu-isu terorisme dan keamanan maritim," katanya.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id