Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. Dok. Medcom.id
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. Dok. Medcom.id

Kerumunan Massa Rizieq Dinilai Akibat Kelalaian Semua Pihak

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab
Theofilus Ifan Sucipto • 22 November 2020 12:10
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, menilai kerumunan simpatisan Muhammad Rizieq Shihab akibat kelalaian bersama. Kelalaian itu kemudian disikapi berlebihan sehingga tak kunjung selesai.
 
“Persoalan ini sejak awal karena sebagian besar pejabat lalai akhirnya lebay,” kata Habiburokhman dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Terimbas Kerumunan Rizieq,’ Minggu, 22 November 2020.
 
Habiburokhman mengatakan kelalaian itu terjadi dalam tiga aspek. Yakni, pemerintah lemah dalam mengedukasi masyarakat soal bahaya berkerumun, aparat keamanan lalai mencegah potensi kerumunan massa, dan lalai dalam penindakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tiga komponen itu saya lihat tidak dilakukan maksimal, terutama poin pertama dan kedua,” ujar anggota Komisi III itu.
 
Baca: Pemerintah Selisik Kerumunan Massa Rizieq di Bandara Soetta
 
Menurut dia, pemerintah dan aparat keamanan seharusnya bisa mengantisipasi kerumunan tersebut secara maksimal. Kurangnya antisipasi itu membuat aparat kesulitan membendung massa saat penyambutan Rizieq di Bandara Soekarno-Hatta.
 
“Karena euforia (simpatisan Rizieq) kita kaget. Kelalaian di awal menghasilkan reaksi yang lebay atau berlebihan,” papar dia.
 
Reaksi yang berlebihan itu, terang dia, terlihat pemanggilan sejumlah pihak yang tidak relevan dengan kerumunan massa Rizieq. Di antaranya pemanggilan yang dilakukan Polda Metro Jaya kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
 
“Panggil (Gubernur DKI Jakarta) Anies (Baswedan) itu sudah cukup kalau dari pihak pemda (pemerintah daerah) DKI,” ujar dia.
 
Rizieq Shihab kembali ke Tanah Air pada Selasa, 10 November 2020. Sejumlah simpatisan dari FPI dan masyarakat memadati Bandara Soekarno-Hatta dan jalanan saat menyambut Rizieq.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif