Forum Pensiunan BUMN Nasabah Jiwasraya (FPBNJ) meminta rencana restrukturisasi disetop. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.
Forum Pensiunan BUMN Nasabah Jiwasraya (FPBNJ) meminta rencana restrukturisasi disetop. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.

Nasabah Jiwasraya Minta Rencana Restrukturisasi Disetop

Nasional BUMN kasus korupsi Jiwasraya
Anggi Tondi Martaon • 21 April 2021 01:38
Jakarta: Nasabah Jiwasraya meminta rencana restrukturisasi disetop. Forum Pensiunan BUMN Nasabah Jiwasraya (FPBNJ) mengeklaim kebijakan yang bakal dieksekusi akhir Mei 2021 itu merugikan.
 
"Seperti ilustrasi dari peserta polis yang berasal dari pensiunan BUMN, yang sedianya dapat menikmati dana pensiunan senilai Rp972.500, jika direstrukturisasi hanya mendapatkan Rp278.324," kata Ketua Umum FPBNJ Syahrul Tahir melalui keterangan tertulis, Selasa, 20 April 2021.
 
Menurut dia, skema restrukturisasi berdampak terhadap pensiunan nasabah. Sebab, uang pensiun bakal dipotong sebesar 40-74 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ini dari pensiunan anuitas Jiwasraya mengalami tekanan, mengalami suasana kebatinan yang sangat mendalam mengingat ketidakadilan bahwa kami harus direstrukturisasi oleh Jiwasraya," kata Syahrul.
 
Dia telah menyampaikan keluhan ini ke anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Soekarwo. Menurut Syahrul, rencana restrukturisasi menyalahi perjanjian dengan nasabah, khususnya pensiunan BUMN.
 
Menurut dia, kerugian yang diderita Jiwasraya bukan tanggung jawab nasabah. Pengelola seharusnya menanggung semua dampak tersebut.
 
Apalagi, kata Syahrul, nasabah tak mencari keuntungan dengan berinvestasi di Jiwasraya. Dia mengeklaim semua dana yang disetorkan merupakan pensiunan jaminan hari tua.
 
Syahrul meminta Wantimpres mempertimbangkan nasib pensiunan. Sehingga bisa memberi masukan pada Presiden Joko Widodo terkait kondisi nasabah Jiwasraya.
 
"Selaras dengan Nawacita yang diusung Bapak Joko Widodo yang terus menyejahterakan rakyatnya. Untuk itu, kami mohon agar dibatalkan rencana Jiwasraya akan memotong hak pensiunan bulan Mei 2021," kata Syahrul.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif