Anggota Komisi I Muhammad Farhan. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Anggota Komisi I Muhammad Farhan. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Seimbangkan Politik Global, Indonesia Perlu Membentuk Kelompok

Nasional politik KTT G20 Crosscheck G20 Presidensi G20
Theofilus Ifan Sucipto • 17 April 2022 14:21
Jakarta: Anggota Komisi I M Farhan mendorong Indonesia membentuk kelompok dengan Brasil dan India. Kelompok itu penting untuk menengahi situasi yang terjadi di dunia.
 
“Indonesia, India, dan Brasil punya peluang yang sangat baik menjadi penyeimbang tarik-menarik kepentingan dan kekuatan politik level dunia,” kata Farhan dalam Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Ancam Boikot G20, Amerika Intervensi Kedaulatan Presidensi Indonesia’ secara virtual, Minggu, 17 April 2022.
 
Farhan mengatakan situasi global sedang menghadapi tarik-menarik. Pemenang tidak ditentukan dari negara yang berjalan sendiri, melainkan dalam kelompok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Farhan, ada beberapa kelompok yang terbentuk. Kelompok tersebut, yakni Kelompok Delapan (G8) dan koalisi Rusia-Tiongkok.
 
“Mereka (Rusia-Tiongkok) punya kepentingan yang sama untuk menentang hegemoni Amerika Serikat,” papar politikus Partai NasDem itu.
 
Baca: Dampak Konflik Rusia-Ukraina Jangan Membebankan Jokowi
 
Farhan menyebut kelompok Indonesia, India, dan Brasil bisa menyeimbangkan kelompok-kelompok tersebut. Sehingga kepentingan dalam negeri juga bisa terakomodasi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif