Jateng-Jatim Menangkan Jokowi
Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin saat hadir pada pendaftaran bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden di Gedung KPU. Foto: MI/Susanto.
Semarang: Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo siap membantu pemenangan Joko Widodo dalam Pemilu Presiden (Pilpres)  2019. Ia meyakini suara calon presiden petahana itu bakal melebihi perolehan suaranya pada Pemilihan Gubernur Jateng 2018.

"Saya kira perolehan suara Pak Jokowi di Jawa Tengah akan lebih besar dari perolehan saya. Case-nya berbeda, dukungan juga berbeda. Mosaik politik sudah kita analisis, pola koalisinya berbeda. Suara beliau akan lebih besar," cetus dia, Senin, 13 Agustus 2018. 

Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDIP, PPP, NasDem, dan Demokrat, memenangi Pemilihan Gubernur Jateng 2018 dengan perolehan suara 10.362.694 atau 58,8%. Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah yang diusung Gerindra, PKB, PAN, dan PKS memperoleh 7.267.993 suara (41,12%).


Gubernur Jawa Timur (Jatim) terpilih Khofifah Indar Parawansa menegaskan, akan tetap seirama dengan pemerintahan Jokowi. Khofifah berjanji mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang.

(Baca juga: Jokowi Punya Banyak 'Peluru' di Isu Ekonomi)

Hal ini disampaikan Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri kegiatan tasyakuran pemenangan pemilihan gubernur Jatim di Desa Jogosatru Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, kemarin. "Insyaallah saya tetap seirama dengan Bapak Jokowi," kata Khofifah.

Khofifah sebelumnya menjabat sebagai Menteri Sosial di era Jokowi sebelum akhirnya digantikan Idrus Marham. Khofifah juga menjabat sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama yang memiliki basis massa di hampir seluruh wilayah Tanah Air.

Gubernur terpilih Papua, Lukas Enembe, juga menyatakan komitmen serupa.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Bangka Belitung Zuristyo Firmadata menegaskan memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin ialah harga mati. "Ini adalah harga mati, tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata Zuristyo.



(RF/HS/LD/AS/MC/BY/P-3)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id