Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani

Negara G20 Mendukung Harmonisasi Standar Prokes Global

Theofilus Ifan Sucipto • 30 Maret 2022 00:26
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeklaim negara-negara G20 sepakat ihwal acuan protokol kesehatan (prokes) global. Hal itu penting guna memudahkan pelaku perjalanan internasional, namun tetap aman dan tertib.
 
"Secara umum seluruh negara anggota G20 mendukung isu harmonisasi standar protokol kesehatan global," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu dalam keterangan tertulis, Selasa, 29 Maret 2022.
 
Maxi mengatakan pemimpin negara G20 sejatinya telah mengadopsi pedoman prokes seperti sertifikat vaksinasi sejak 2021. Mereka juga menyepakati pemakaian sistem informasi kesehatan digital.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Namun, situasi pandemi yang terus berubah-ubah telah berdampak pada ketidakseragaman aturan protokol kesehatan,” papar dia.
 
Baca: Kemenkes Bakal Bantu Mediasi IDI dengan Terawan
 
Menurut Maxi, setiap negara memiliki aturan yang berbeda tergantung pada situasi dan kondisi di wilayahnya. Hal itu menyebabkan kebingungan soal sistem rekognisi dokumen tes covid-19 dan sertifikat vaksin.
 
“Ini berdampak pada peningkatan pembiayaan,” ujar dia.
 
Kesepakatan negara-negara G20 terkait harmonisasi standar prokes global diyakini bakal menjawab masalah tersebut. Bahkan, hasil pertemuan itu bakal menjadi momentum penataan ulang prokes global yang seragam.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif