Ilustrasi haji/AFP.
Ilustrasi haji/AFP.

Kemenag Siapkan Pendaftaran Online Haji

Nasional haji ibadah haji
Fachri Audhia Hafiez • 02 Juli 2020 09:06
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan layanan pendaftaran haji melalui daring. Layanan ini diharapkan memudahkan calon jemaah menunaikan rukun Islam kelima itu.
 
"Kita siapkan dua inovasi, untuk memudahkan calon jemaah haji Indonesia yang ingin mendaftar haji, yakni melalui layanan mobile dan layanan online," kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, dalam keterangan pers, Kamis, 2 Juli 2020.
 
Muhajirin mengatakan inovasi ini merupakan pengembangan layanan pelunasan secara daring untuk biaya haji. Layanan tersebut sudah berjalan sejak dua tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, pendaftaran haji daring belum bisa dilakukan saat itu. Sebab, regulasi terkait belum matang.
 
"Format itu sudah selesai, tinggal menyiapkan server dan pengamanannya. Kita tidak perlu lagi kesulitan harus ada lembar pendaftaran, semua sudah berbasis digital," ucap dia.
 
Kebutuhan layanan daring disebut semakin mendesak saat pandemi korona. Selain itu pelayanan konvensional hanya terbatas lima hari kerja.
 
Muhajirin menyebut Rancangan Peraturan Menteri Agama (RPMA) terkait ini sudah dibahas sejak tahun lalu. Regulasi tersebut menjelaskan beberapa hal, misalnya makna diktum atau keputusan pendaftaran haji yang ada dalam UU Nomor 8 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah
 
Baca:Menteri Saudi: Jemaah Haji Tahun Ini Sekitar 1.000
 
Jika regulasi tersebut sudah terbit, maka pendaftaran haji bisa dilakukan lebih fleksibel. Calon jemaah haji bisa memanfaatkan layanan mobile yang akan ditempatkan di sejumlah titik. Sehingga tidak harus ke Kantor Kemenag kabupaten atau kota setempat.
 
"Misal calon jemaah sedang berada di luar kota atau bahkan luar negeri, tapi KTP-nya Gorontalo, maka dia bisa mendaftar haji dari kota atau negara tersebut untuk kuota Gorontalo melalui layanan online yang disiapkan," beber Muhajirin.
 

(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif