Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. DOK Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio. DOK Kemenparekraf

Tanggapi Ide Luhut, Wishnutama Belum Berniat Datangkan Turis Asing

Nasional Virus Korona pariwisata indonesia
Nur Azizah • 16 April 2020 13:54
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio belum berniat mendatangkan turis Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan ke Indonesia. Wacana itu pertama kali dicetuskan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.
 
"Kebetulan saya belum sempat bicara dengan Pak Luhut," kata Wishnutama di Jakarta, Kamis, 16 April 2020.
 
Wishnutama menduga wacana yang dimaksud Luhut direalisasikan usai pandemi korona (covid-19). Sebab, Indonesia telah menutup akses bagi warga negara asing datang ke Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Enggak mungkin pandemi masih jalan, orang juga enggak bisa ke mana-mana. Mungkin maksud Pak Luhut setelah pandemi ini berakhir," ujar dia.
 
(Baca: Pendapatan Sektor Pariwisata Diprediksi Merosot 50 Persen)
 
Sebelumnya, Luhut menyebut pemerintah segera membangkitkan sektor pariwisata, termasuk perhotelan. Ia berencana menjadikan Bali sebagai daya tarik untuk wisatawan Jepang, Korsel, dan Tiongkok.
 
"Pariwisata memang menjadi perhatian serius kita, tetapi kita perlu lihat juga ini sekarang. Kalau China ini recovery cepat dan sekarang sudah mulai nih. Korea Selatan dan Jepang dalam satu atau dua bulan ini, berarti turis mereka sudah ingin keluar tuh karena stres berbulan-bulan," kata Luhut.
 
Pandemi covid-19 membuat sektor pariwisata Indonesia lesu. Pendapatan di sektor ini diperkirakan turun hingga 50 persen dari pendapatan tahun sebelumnya mencapai USD200 miliar.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif