Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Anggota DPR Fraksi Partai NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

NasDem Ingin Tiru Jepang dan Korsel Soal Politik Identitas

Nasional partai nasdem
Fachri Audhia Hafiez • 11 Oktober 2019 05:00
Jakarta: Partai NasDem berkomitmen mengubah politik identitas bukan menjadi momok yang negatif. Sebab, politik identitas tak selamanya bertujuan negatif.
 
"Partai NasDem akan mengambil peran ke depan, untuk bisa membuat politik identitas bukan menjadi suatu hal yang destruktif," kata anggota DPR Fraksi Partai NasDem Martin Manurung di DPP Partai NasDem, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Martin mengatakan, NasDem akan memanfaatkan politik identitas untuk tujuan produktif. Ia mencontohkan, Jepang dan Korea Selatan sangat memproteksi identitas mereka sebagai bangsa, sehingga budayanya tetap terjaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan di Indonesia, lanjut Martin, politik identitas kerap digunakan untuk menyerang lawan politik. Hal ini dinilai salah kaprah.
 
"Nah di kita justru politik identitas itu menguat untuk saling beradu antar sesama anak bangsa. Ini harus dikoreksi," ucap Martin.
 
Martin mengatakan, kader NasDem kedepannya bakal diberikan pedoman untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa politik identitas tak selamanya negatif. Formulanya kini tengah dirampungkan.
 
"Setiap kader Partai NasDem baik di Legislatif maupun di Eksekutif bisa bertindak bersama-sama untuk menghalau politik identitas yang merusak," ucap Martin.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif