Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ANT/Puspa Perwitasari
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. ANT/Puspa Perwitasari

Rekam Jejak Menjanjikan Menteri Syahrul

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Media Indonesia • 25 Oktober 2019 07:04
Jakarta: Syahrul Yasin Limpo ditunjuk sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Maju. Sebelum ditunjuk sebagai Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dikenal sebagai sosok yang punya segudang pengalaman di pemerintahan daerah.
 
Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut memulai karir sebagai pegawai negeri sipil di Kabupaten Gowa pada 1980. Syahrul beberapa kali mengisi sejumlah jabatan di Pemkab Gowa. Ia menjabat sebagai Bupati Gowa dari 1994-2002.
 
Setelah delapan tahun berkarir di Gowa, Syahrul menjadi wakil gubernur Sulawesi Selatan mendampingi Gubernur Amin Syam pada 2003. Pasangan Amin-Syahrul pecah kongsi pada Pilkada Sulsel 2007.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syahrul menggandeng Agus Arifin Nu'mang dalam Pilkada Sulsel 2007. Pasangan itu unggul tipis dari pasangan Amin Syam-Mansyur Ramli.
 
Syahrul dan Agus kembali terpilih saat Pilkada Sulsel 2012. Setelah purnatugas sebagai gubernur, Syahrul bergabung dengan Partai NasDem pada 2018.
 
Syahrul dikenal memiliki pengalaman panjang sebagai birokrat. Ia pernah menjabat sebagai lurah hingga gubernur. Karir sebagai birokrat telah dibangun selama 25 tahun. Meski tak banyak mendapatkan sorot kamera, kinerja Syahrul saat memimpin Sulsel cukup baik.
 
Ia berhasil membawa perekonomian Sulsel bertumbuh sampai 7,8%. Angka itu terbaik yang pernah dicapai Sulsel. Capaian positif itu dipicu surplus produksi jagung yang mencapai 1,5 juta ton.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif